MAHASISWA STIS UMMUL AYMAN, PKL (MAGANG) DI KEJAKSAAN NEGERI PIDIE JAYA

Laporan: Tim SA Center

Pada 7 April sampai 7 Mei 2021, mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Dan Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam STIS UMMUL AYMAN berkesampatan untuk magang di Kejaksaan Negri Pidie Jaya. 

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa yang beruntung untuk memiliki kesempatan magang tersebut, antara lain Angkatan: Syahrul Maulana Mansur(2017), Muhammad Abizar Miraj(2017), Siti Hajariana(2017), Sarayulis (2017), dan Mijaiturrahmi (2018) salah satu mahasiswa yang berkesampatan untuk magang tersebut menuturkan bahwa banyak hal yang dia dapatkan selama magang tersebut. 

“Pada saat awal Kegiatan  magang dimulai kita di sambut oleh Jaksa Pembimbing kami di Kejaksaan Negri Pidie Jaya, awalnya kami di berikan informasi apa saja tupoksi dari seorang jaksa, bagaimana saja kegiatan Jaksa di lapangan kemudian dan bagaimana cara beracara di persidangan sebagai seorang Jaksa. Setalah itu kami di berikan tugas untuk meneliti kelengkapan berkas dan membuat berkas-berkas yang diperlukan oleh Jaksa untuk beracara di pengadilan salah satunya adalah Surat Dakwaan yang merupakan Mahkota dari seorang Jaksa. Selain itu kami juga di ajak untuk melihat langsung bagaimana proses persidangan secara langsung, tugas kami mengamati dan meneliti bagaimana proses persidangan tersebut berjalan”, Ujar Syahrul Maulana ketua kelompok Magang Tersebut.

Selama magang Syahrul menceritakan bahwa dari mengikuti magang tersebut banyak hal positif yang dia rasakan, mulai dari pengalaman terkait teori dan  praktik menjadi seorang Jaksa, tentunya menambah relasi, dan menambah teman serta sapat bertugas pikiran juga informasi dari sistem atau kurikulum yang berlaku di masing-masing universitas, karena kita magang bersama dengan mahasiswa-mahasiswi dari Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Ummul Ayman (STIS UMMUL AYMAN), Syahrul memberi saran kepada teman-teman mahasiswa-mahasiswi, agar teman-teman  yang lain, ketika memiliki kesempatan harus mencoba magang. Seperti dalam sabda Rasulullah SAW “Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Kontributor: Syahrul Maulana Mansur Selaku Ketua kelompok dan Ketua PMII Pidie Jaya-pidie
Share:
Komentar

Berita Terkini