-->

BAGAIMANA MAHASISWA MAMPU MENEGAKKAN KEADILAN HUKUM SAAT INI

Laporan: LIPUTAN 23
                                                                          
Oleh: Rina Ariani Harahap (Mahasiswa UIN AR-RANIRY Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan)

Hukum peraturan dan sangsi yang sangat tegas. Dimana yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara hukum dan hukum merupakan aturan yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Hukum melindungi kita dari penyalahgunaan kekuasaan, hukum juga digunakan untuk menegakkan keadilan. Kita sebagai mahasiswa yang haus akan keadilan baiknya harus menjunjung tinggi hukum agar tidak ada nya penyalahgunaan kekuasaan didalam nya.

Keadilan hukum saat ini masih minim menurut saya karna banyaknya faktor dari pihak-pihak tertentu dan salah satunya penyalahgunaan kekuasaan tersebut, karna yang kita ketahui bahwa hukum merupakan suatu peraturan atau ketentuan tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur kehidupan masyarakat banyak dan menyediakan sangsi bagi siapapun yang melanggarnya. Penegakkan aturan hukum tersebut harus bersifat memaksa dimana peraturannya bukan untuk dilanggar melainkan untuk dipatuhi. Hal ini tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Hukum perdata (hukum sipil) banyak ragam nya seperti hukum keluarga, hukum harta kekayaan, hukum benda, hukum perikatan, hukum waris dan lain-lain. Di Indonesia mempunyai sangat banyak suku yang beragam membuat negeri ini terikat dengan ideologi.

Kita sebagai masyarakat indonesia yang hidup akan adanya demokrasi kita harus sama-sama membangun keadilan yang ada di negeri kita dengan cara bernegoisasikan dengan wakil rakyat yang seharusnya mendengarkan apa keluh kesah kita saat ini digelombang radiasi dunia yg sangat berkembang indonesia masih salah satu negara hukum dengan titik terendah mengapa begitu? Karna maraknya hukum terkalah kan dengan jabatan-jabatan yang ada di negeri kita ini. Perlu kita sadari bersama bahwa salah satu yang bisa melindungi rakyat miskin adalah hukum yang adil.

Maka dari itu, kita harus berusaha menegakkan keadilan saat ini dimana keberadaan nya ? Bagaimana nasib masyarakat milenial saat ini? Dan juga masyarakat miskin yang haus akan keadilan negeri ini. Begitu banyak pertanyaan yang terbesit dipikiran kita pikiran seorang mahasiswa yang masih belajar menulis sebuah opini tentang menegakkan keadilan hukum saat ini. Begitu banyak bukti yang telah tercantum dimasyarakat tentang keadilan hukum saat ini. Mungkin hukum saat ini bisa berubah menjadi lebih baik dikedepannya dimana masyarakat hidup sejahtera, keadilan selalu ditangan rakyat, penyalahgunaan kekuasaan terhapuskan dari negeri ini. Bicara tentang keadilan lagi dan lagi tentunya kita masih meringkuk melihat keadaan hukum saat ini karna yang kita ketahui bahwa hukum di indonesia masih minim.

Disinilah saatnya kita merangkul antar sesama guna untuk keadilan masyarakat banyak tentunya masyrakat milenial yang dibawah dari standarisasi atau kemiskinan. Dan jga baiknya menolong antar sesama guna untuk kesejahteraan masyarat indonesia. Oleh karna itu dalam menegakkan keadilan hukum saat ini baiknya kita sama- sama berusaha untuk menegakkan keadilan dan juga mengintropeksi diri kita agar lebih baik lagi guna untuk menegakkan hukum yang kita inginkan menjadi hukum yang berkeadilan yang tinggi, hukum yang menyensejahterakan masyarakat negara kita yaitu negara indonesia, hukum yang tidak adanya penyalahgunaan kekuasaan dan juga hukum yang demokratis antar sesama guna untuk membangun indonesia yang maju, berteknologi tinggi serta memliki bangsa yang cerdas akan semua hal tentang negara kita yaitu negara indonesia.

Sekali lagi mari membangun indonesia dalam menegakkan keadilan guna untuk kesejahteraan iegara kita yaitu negra indonesia tercinta.

Email Penulis:
rinahrp282001@gmail.com
Share:
Komentar

Berita Terkini