INTIP SUKA DUKA KULIAH DARING MAHASISWA UIN AR-RANIRY

Laporan: Tim SA Center
(Foto: Finni Afdila)


Oleh: Finni Afdila (Mahasiswi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)

Selama pandemi Corona ini setiap mahasiswa diseluruh perguruan tinggi di Indonesia menutup perkuliahan tatap muka, dan menggantinya dengan kuliah daring atau kuliah online, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh merupakan salah satu universitas yang menerapkan kebijakan kuliah daring atau kuliah online. Pada saat kebijakan ini keluar awalnya para mahasiswa merasa senang/gembira karena mereka bisa kembali ke kampung halaman, akan tetapi setelah 3 bulan menjalani perkuliahan daring ini mereka merasa bosan karena kendala yang dialami pada saat daring ini cukuplah banyak, salah satu kendalanya adalah koneksi internet.

Apa itu kuliah daring?  Bagaimana mahasiswa UIN Ar-Raniry menjalankan kuliah secara daring?

Kuliah daring adalah sistem perkuliahan yang dilakukan melalui akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan dalam berbagai bentuk, salah satunya rekaman video atau audio. Sistem kuliah daring ini memberikan solusi alternatif di tengah pandemi corona bagi para mahasiswa untuk tetap melanjutkan kuliahnya dari rumah. 

Sejak keluarnya surat edaran dari rektor UIN Ar-Raniry pada tanggal 13 maret 2020, perkuliahan yang awalnya tatap muka berubah menjadi kuliah daring. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap dampak corona yang sedang melanda kehidupan di dunia. Metode yang digunakan mahasiswa dalam perkuliahan secara daring ialah : google meet, google classroom, zoom, whatsapp, dll. 

Analisis Swot

Strenght (Kelebihan) : kuliah daring memberikan beberapa kelebihan, seperti mahasiswa lebih memiliki banyak waktu dalam menjalani perkuliahan. Mereka bisa melakukan perkuliahan disela-sela kesibukan lainnya, contoh mahasiswa bisa kuliah sambil minum/makan, ataupun bisa sambil bekerja. Kelebihan lainnya adalah lebih hemat biaya karena mereka melakukan perkuliahan dari rumah, jadi mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengisi bensin motor, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk makan diluar.

Weakness (Kelemahan) : selain memberikan kelebihan, kuliah daring ini juga pasti memiliki kelemahan. Kelemahan dari kuliah daring ini adalah mahasiswa menjadi kurang bersemangat dalam melakukan perkuliahan, pembelajaran menjadi tidak teratur, dan kurangnya interaksi sosial seperti biasanya.

Opportunity (Kesempatan) : kesempatan dari kuliah daring ini ialah membuat mahasiswa lebih peka terhadap teknologi yang semakin berkembang, dan kesempatan lainnya ialah mahasiswa dapat mengatur waktu perkuliahan menjadi lebih mudah yang mana mahasiswa bisa melakukan perkuliahan dimana saja dan kapan saja.

Threat (Ancaman) : setiap dosen memberikan tugas kepada mahasiswa dalam waktu yang singkat, yang dapat membuat mahasiswa menjadi lupa makan karena terlalu sibuk dalam mengerjakan tugas. Gangguan pada jaringan internet juga menjadi kendala bagi mahasiswa yang tinggal di pendalaman.

Pandemi corona ini telah mengubah segala tatanan kehidupan, termasuk kegiatan perkuliahan, yang mana awalnya kuliah tatap muka berubah menjadi kuliah daring, yang mana awal mahasiswa hanya datang duduk diam sekarang mahasiswa harus lebih kreatif dengan banyak membaca, dikarenakan tugas-tugas yang diberikan dosen kebanyakan tentang pemahaman yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri. perkuliahan dengan metode daring ini, menimbulkan suka duka tersendiri bagi para mahasiswa. Suka yang dirasakan ialah mahasiswa bisa lebih santai dalam mengikuti perkuliahan, mereka melakukan sambil berbaring ataupun sambil makan cemilan. 

Sedangkan duka yang dirasakan bagi mahasiswa yang tinggal di pedalaman ialah mereka harus naik gunung, panjat pohon, untuk mendapatkan sinyal internet. Duka yang dirasakan lainnya ialah terhambatnya program-program kerja pada organisasi mahasiswa, tugas yang diberikan setiap dosen dengan waktu yang singkat, kouta internet yang diperlukan atau digunakan tak sebanding dengan kouta internet yang didapat atau dibagikan oleh pihak kampus.

Semoga kedepannya  para dosen ataupun pihak kampus sedikit pemberi mahasiswa ruang untuk bernafas. Perkuliahan daring ini telah memberikan banyak suka dan duka terhadap para mahasiswa, dari yang kuliah sambil rebahan sampai mahasiswa yang buat tugas lupa makan. Pembelajaran daring yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan stress terhadap mahasiswa.
Share:
Komentar

Berita Terkini