-->

Perubahan Sistem Pendidikan Mahasiswa di Masa Pandemi

Laporan: LIPUTAN 23
(Foto: Ridha Gunawan, Mahasiswa Universitas Syiah Kuala)

OLEH: Ridha Gunawan (Mahasiswa Universitas Syiah Kuala)

OPINI - Pendidikan Mahasiswa di Masa Pandemi,tidak dapat di pungkiri, pendidikan merupakan salah satu yang terkenal dampak pandemi Covid-19 ini, khusus nya pendidikan Mahasiswa, mulai dari sistem yang berubah menjadi Daring, dan segala kegiatan pendidikan kemahasiswaan berubah menjadi Daring, Upaya tersebut di lakukan tidak lain untuk memutuskan Rantai Penyebaran virus Corona / Covid-19.

Namun, perubahan sistem pendidikan tersebut juga berdampak buruk bagi mahasiswa, khusus nya bagi mahasiswa yang tinggal di daerah pelosok yang jauh dari jaringan internet,atau sama sekali tidak memiliki jaringan di tempat mahasiswa tersebut. Akibatnya banyak mahasiswa yang ketinggalan mata kuliah,dan absensi setiap kuliah di mulai, dampak seperti ini akan berujung pahit bagi mahasiswa itu sendiri,karena mahasiswa akan mendapatkan resiko yang cukup besar,mulai dari IPK nya rendah,ilmu nya tidak di dapat,dan UKT harus tetap di bayar,sungguh yang merasa rugi mahasiswa.

Solusi yang ada pun terkadang sangat sulit untuk beberapa mahasiswa,mulai dari akses tempat tinggal, ekonomi keluarga,dan tekanan deadline mata kuliah yang harus di kejar setiap hari nya. Demi mengejar cita-cita dan pendidikan, Mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan yang telah berubah di masa pandemi Covid-19 ini. Namun tidak jarang mahasiswa juga mengharapkan solusi atau keringanan dari pihak pemerintah dan perguruan tinggi agar proses pendidikan mahasiswa tetap berjalan dengan lancar di masa pandemi ini.
Share:
Komentar

Berita Terkini