Disdik Aceh Salurkan Masker Vokasi Merah Putih ke SMK

Laporan: REDAKSI author photo

 


BANDA ACEH - Sebagai bentuk mensukseskan gerakan 1 juta masker yang sebelumnya telah diluncurkan oleh Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dinas Pendidikan Aceh menyalurkan masker vokasi merah putih kepada SMK di Provinsi Aceh.

Prosesi penyaluran masker secara simbolis ini dilakukan oleh Kepala Pelaksana BPBA, Ir. Sunawardi, M.Si, yang juga Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Aceh, Sabtu (15/8/2020), di SMK Negeri 3 Banda Aceh.

Kepala Pelaksana BPBA, Ir. Sunawardi, M.Si, menyambut baik dalam mensukseskan program Pemerintah menjadikan masker untuk semua. Pemerintah, kata Sunawardi, menargetkan masker berjumlah dua kali dari jumlah penduduk.

"Nah, Kemendikbud sudah menyahuti langsung dengan cepat. Tentunya kita harapkan dapat diikuti oleh kementerian-kementerian yang lainnya di Indonesia," ujarya berharap.
Menurutnya, penggunaan masker secara menyeluruh termasuk di Provinsi Aceh sangat diharapkan. Sebab, masker menjadi kunci menangkal terjadinya peredaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Perlu dijadikan masker sebagai keharusan setiap masyarakat untuk menggunakannya," ujar Sunawardi.

Pihaknya mengapresiasi eksistensi Protokol Kesehatan di Satuan Pendidikan di Aceh. Menurutnya, hampir di seluruh daerah sudah menyediakan fasilitas seperti tempat cuci tangan, alat pengukur suhu hingga pembatasan di dalam kelas.

"Sejauh ini kita melihat sudah sangat efektif fasilitas-fasilitas yang disediakan di sekolah-sekolah. Tentu diperlukan pengawasan yang lebih baik lagi," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmad Fitri HD, MPA, mengatakan, pihaknya sudah mengintruksi seluruh satuan pendidikan di Aceh yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi untuk bersungguh-sungguh mematuhi Protokol Kesehatan dan Prosedur Operasional Standar (POS) Pendidikan.

"Dimanapun berada selalu gunakan masker, patuhi protokol kesehatan dan taati Prosedur Operasional Standar (POS) Pendidikan. Nah, dengan adanya bantuan masker ini kita harapkan dapat membantu generasi dan guru kita dimasa Pandemi Corona ini," katanya meminta.
Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin, M.Pd, menambahkan, untuk Provinsi Aceh, ada sebanyak 17 SMK yang mendapatkan masker merah putih tersebut.

"Jumlahnya sebanyak 110 ribu masker yang dibagi dalam dua paket. Untuk satu orang diberikan dua masker," tambahnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Kasubbag Tata Usaha UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Drs. H. Zulkarnaini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Nagan Raya, Dr Khairan serta Kepala SMK Kabupaten/Kota. [RIL]
Share:
Komentar

Berita Terkini