-->

Ini Rahasia Tenaga Medis RS Pulau Galang Aman dari Infeksi Covid-19

Laporan: REDAKSI author photo


Liputan23.com | Jakarta - Penyebaranpandemi virus corona (Covid-19) kian terus bertambah dan memakan korban baru. Tak sedikit dokter atau tenaga medis yang terlibat langsung dalam proses pengobatan kemudian harus bertukar peran jadi pasien.


Namun, situasi itu tampaknya tidak terjadi di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kepala Staf Kogabwilhan I Safrudin Noor mengatakan, hingga saat ini belum ditemukan adanya tenaga medis yang ikut terinfeksi wabah tersebut.


Menurut dia, salah satu faktor yang membuat tenaga medis di Pulau Galang aman dari penyebaran corona lantaran posisi tempat tidurnya yang berjauhan dengan punya pasien.


"Memang betul di Rumah Sakit Infeksi Pulau Galang sampai sekarang tidak ada tenaga medis yang terinfeksi. Kemungkinan besar ini disebabkan karena tempat tidur tenaga medis dan pasien itu berjauhan," kata Safrudin dalam sesi teleconference, Jumat (18/9/2020).


Faktor kedua, ia menyebutkan, mayoritas tenaga medis di RS Covid-19 Pulau Galang juga kerap bekerja pulang-pergi dari tempat tinggalnya yang berada di pulau lain.


"Kedua, tenaga medis bisa juga dengan keluarga. Kebanyakan beda pulau," ungkapnya.


Selain itu, Safrudin menambahkan, faktor iklim juga memainkan peran penting atas mitigasi dampak Covid-19 terhadap para tenaga medis di sana. Pulau Galang disebutnya masih memiliki ruang terbuka cukup dan terberkahi oleh sinar matahari yang baik.


"Ketiga, di pulau Galang ini udaranya terbuka, udaranya bersih. Sehingga tenaga medis juga leluasa untuk olahraga, kena matahari, karena yang buat mencegah covid salah satunya kalau kita berjemur sambil olahraga," tuturnya.


Sumber: Liputan6.com



Share:
Komentar

Berita Terkini