Finalis The 6th UTU Awards Diumumkan

Laporan: REDAKSI author photo
MEULABOH - Panitia pelaksana kegiatan The 6th Universitas Teuku Umar (UTU) Awards 2020, secara resmi mengumumkan para finalis yang lolos ke tahap lima besar pada Selasa, (3/11/2020). Dari 420 pendaftar, hanya 20 peserta yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya untuk mempresentasikan karya dihadapan dewan juri. 

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Yusran Ibrahim mengatakan Universitas Teuku Umar Awards (UTU Awards) 2020 diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari 120 perguruan tinggi, baik dari dalam maupun luar negeri. 

“UTU Awards telah digelar sebanyak 6 kali, sejak kampus berstatus negeri pada tahun 2014 silam. Untuk tahun ini pesertanya sangat banyak, sebagian besar mereka berasal dari Indonesia dan Malaysia,” ungkapnya. 

Yusran menjelaskan bahwa UTU Awards 2020 merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan pihak Rektorat Universitas Teuku Umar sebagai salah satu wujud rasa tanggung jawab dalam menciptakan dan meningkatkan jumlah wirausahawan muda Indonesia. 

“UTU Awards diharapkan dapat menjadi starting point dalam menggali ide kreatif dan inovatif bagi mahasiswa. Terutama pada bidang Agro dan Marine Industries,” kata Yusran. 

Pada tahun ini, UTU Awards memiliki tagline “Where Ideas Meet Opportunities” yang memperlombakan 4 kategori, yaitu Riset Komersial (Commercial Research), Produk Inovatif Berbasis Pertanian & Kelautan (Innovation Based on Agro & Marine Product), Perencanaan Bisnis (Business Plan) dan Desain Toko Online (E-Store Design).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UTU, Mursyidin Zakaria mengatakan, penilaian UTU Awards 2020 dilakukan secara Online Desk Evaluation selama sepuluh hari, yaitu sejak 21 hingga 31 Oktober 2020. 

Adapun tim penilai terdiri dari Dewan Juri Nasional dari 10 Perguruan Tinggi di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri yang berkompeten dibidangnya, maka terpilih lima karya terbaik dari tiap kategori yang dilombakan,” sebutnya. 

Nantinya para finalis, lanjutnya, akan mempresentasikan ide dan karya mereka di hadapan dewan juri secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, pada Kamis, 5 November 2020. 

Pada kegiatan The 6th Universitas Teuku Umar (UTU) Awards 2020 akan memperebutkan total hadiah senilai Rp229,5 Juta + piagam penghargaan.

Berikut Finalis (Nominator) The 6th UTU Awards 2020 :

Kategori Produk Inovatif Berbasis Pertanian dan Kelautan :
1. Joanna Elysia (Universitas Brawijaya)
2. Yasmin Azizah (Universitas Brawijaya)
3. Iffah Nabillah (IPB University)
4. Dhea Alviolita Warman (Universitas Sumatera Utara)
5. Nindya Puspita Sari (IIK Bhakti Wiyata Kediri)

Kategori Riset Unggulan Berbasis Kewirausahaan :
1. Isra Syura (Universitas Sumatera Utara)
2. Randy Cassandra (Universitas Brawijaya)
3. Ilham Prayogo (Universitas Sumatera Utara)
4. Milenio Eko Haryono (Universitas Brawijaya)
5. Putri Mardiatur Rahmah (Universitas Teuku Umar)

Kategori Perencanaan Bisnis :
1. Muhamad Rizaldi (Universitas Airlangga)
2. Fahri Sinulingga (IPB University)
3. Winda Mega Permata (Universitas Diponegoro)
4. Winelda Mahfud Zaidan (Universitas Sumatera Utara)
5. Khairul Ikhsan (Universitas Syiah Kuala)


Kategori Desain Toko Online :
1. Muhammad Faririjal (Universitas Brawijaya)
2. Andika Saputra (Universitas Malikussaleh)
3. Rahmat Dilta Harahap (Universitas Teuku Umar)
4. Fedia Rizkita (Universitas Teuku Umar)
5. Muhammad Fadil (Universitas Teuku Umar). (**)
Share:
Komentar

Berita Terkini