Pelajar Aceh Kembali Berprestasi, Sabet Medali di Kancah Internasional, Siapakah Mereka?

Laporan: REDAKSI author photo
BANDA ACEH - Lima pelajar Aceh dari SMAN 1 Simpang Kiri, Kota Subulussalam kembali meraih prestasi dengan menyumbangkan satu medali perak dan dua medali perunggu bagi Indonesia pada ajang International Invention and Innovative Competition (InIIC) 2020 di Kuala Lumpur, Malaysia. 

International Invention and Innovation Competition (InIIC) 2020 merupakan ajang bergengsi tingkat Internasional bagi seluruh cendekiawan muda bertalenta dalam bidang penelitian inovatif. Pada tahun ini, InIIC mengusung tema "Changing Lives in Brilliant Ways" dengan berbagai jenjang penelitian mulai dari jenjang pelajar, mahasiswa, dosen maupun peneliti profesional dari seluruh dunia. 

Adapun kelima siswi Aceh itu tergabung dalam tiga tim dan berhasil meraih tiga medali, yaitu untuk medali perak diraih Dita Ariyani dan Wahdana Apriyani sedangkan dua medali perunggu dipersembahkan Asiah dan Nabila Gajah serta Dwinta Nurul Fadillah Bintang. 

Ketiga tim peneliti asal tanah rencong ini harus bersaing dengan 150 inventor dari berbagai negara seperti Taiwan, Thailand, Singapura, India, Korea, Vietnam, Hongkong, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, dan negara lainnya.

Dalam melakukan penelitiannya, mereka dibimbing oleh Kepala SMAN 1 Simpang Kiri, Sukri, MM dan Guru Pembimbing,  Chandra Halim, S.Si serta pembimbing dari Indonesia Scientific Society (ISS), Dr. Arie Hardian, M.Si.

ISS merupakan wadah bagi peneliti muda Indonesia yang bergerak dalam pembinaan serta memfasilitasi pelajar, mahasiswa dan profesional untuk mengikuti kompetisi tingkat Internasional.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs H Rachmat Fitri HD, MPA didampingi Kepala UPTD Balai Tekkomdik, T. Fariyal, MM kepada media, Senin (2/11/2020) menyampaikan rasa bangga dan bahagianya atas capaian prestasi pelajar Serambi Mekkah pada kompetisi dikancah Internasional. 

"Prestasi ini kami yakini merupakan ikhtiar bersama antara pihak ISS sebagai tim penyeleksi serta pembimbing bagi perwakilan Indonesia di ajang Internasional ini. Selain itu juga dukungan dari pihak kepala sekolah, guru, pengawas, cabang dinas pendidikan, orang tua dan siswa itu sendiri," ucapnya. 

Kadisdik Aceh merasa bersyukur karena satu persatu sekolah di Aceh mulai menunjukan prestasinya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Menurutnya, ini merupakan salah satu tolak ukur adanya peningkatan mutu pendidikan Aceh. 

"Alhamdulillahirabbil alamin, dengan lahirnya prestasi-prestasi siswa dan siswi dari satuan pendidikan di penjuru Aceh. Maka ini menandakan mulai terjadi pemerataan mutu pendidikan antar daerah-daerah yang ada di seluruh Aceh," ujar pria yang akrab disapa Haji Nanda.  

Haji Nanda menyampaikan ucapan terima kasih atas seluruh dukungan para pihak yang terlibat didalamnya, baik secara moril, materil, dan waktu dalam melakukan penelitian tersebut. 

"InIIC merupakan sebuah kompetisi yang bergerak di bidang inovasi yang bertujuan untuk mencari ide atau solusi yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan dalam berbagai bidang seperti pangan, teknologi, pendidikan, kesehatan dan lainnya," jelasnya. 

Rachmat berharap hasil penelitian yang dilakukan oleh siswi-siswi tersebut dapat terus dikembangkan dan kelak bisa menjadi salah satu solusi bagi kebutuhan masyarakat. Sekaligus memotivasi pelajar lainnya agar dapat memacu diri dalam mengembangkan bakat dan minatnya untuk berprestasi. 

"Kita berharap inovasi dari peneliti muda ini dapat terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Karena produk yang dihasilkan ini sudah mendapat pengakuan dari dunia," pintanya. 

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, M.Pd menjelaskan InIIC 2020 diselenggarakan oleh MMNF publisher bekerja sama dengan University of Malaya dan ASAP. Dikarenakan dalam masa pandemi Covid 19, maka kompetisi InIIC tahun ini dilaksanakan secara daring.

"Sangat membanggakan bagi Aceh, khususnya SMAN 1 Simpang Kiri dapat mengikuti dan menjuarai kompetisi paper tingkat Internasional ini melalui seleksi yang dilakukan oleh ISS (Indonesia Scientific Society) pada program Seleksi Tim Riset Indonesia (LEKTRIN)," jelasnya. 

Tiga tim peneliti Aceh, lanjutnya masing-masing adalah Dwinta Nurul Fadillah Bintang dengan judul KEBAFERAN (Kepok Banana Flour Indonesian) as an Alternative Solution to Treat Banana Peel Waste into Aromatic Flour in the Making of Donuts in the Covid-19 Pandemic.

Lalu Siti Asiah dan Nabila Gajah dengan judul Organoleptic Test on Protected Packaging Milk Calcium of Waste Raced Chicken Egg dan Wahdana Apriyani.

Kemudian Dita Ariyani dengan judul penelitian optimisation of the Extract Utilization of Betle Leaves (Pipet Betle), Kalang and Gambir (Uncaria Rubiaceae) in the Making of Washing Soap based on Natural and Enviromentally Friendly Washing Oil.

"Pada kompetisi ini, mereka diminta membuat poster penelitian, paper penelitian dan video presentasi berdurasi 5 menit. Keseluruhan projek penelitian ini menggunakan bahasa Inggris baik dari pembuatan video hingga paper dan poster," ungkapnya. 

Zulkifli mengapresiasi prestasi yang diraih siswi Aceh, ini merupakan buah dari kegigihan dan tekad diri yang kuat dari siswi-siswi dan pembimbingnya. Hal tersebut karena seluruh projek ini mampu diciptakan dalam waktu singkat yaitu dua minggu, dimulai dari segi pembuatan konten video, paper dan poster penelitian. 

Berikut profil kelima siswi Aceh dari SMAN 1 Simpang Kiri, Kota Subulussalam tersebut:

Nama : Dita Ariyani

TTL: Subulussalam, 5 September 2005  

Alamat : JL. T. Nyak Adam Kamil, Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh

Cita – cita : Pengusaha, Dokter, Seniman  

Nama Orang Tua: 

Ayah : Juhari Sijabat

Ibu : Ida Yani 

Penghargaan yang pernah diraih: 

-Medali Emas BSC (Basic Science Competition) Fisika 2020 

-Medali Perak KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Fisika 2020

-Medali Perak InIIC (International Invention & Innovative Competition) 2020

-Finalis NSIE (National Science Innovation Expo) 2020



Nama : Wahdana Apriyani 

TTL  : Subulussalam, 11 April 2005

Alamat : JL. Syech Abdurrauf 

Cita – Cita: Dokter, Aparatur Sipil Negara (ASN)

Nama orangtua:

Ayah : Ramansyah Agus

Ibu : Nenie

Penghargaan yang pernah diraih : 

1. Medali perak pada perlombaan International Invention and Innovative Competition (InIIC) 2020

2. Medali emas pada perlombaan Basic Science Competition (BSC) Fisika 2020

3. Finalis National Science Innovation Expo (NSIE)

4. Medali perak pada perlombaan kompetisi sains madrasah (KSM) fisika 2020

5. Medali perunggu pada perlombaan Indonesian Youth Science Competition (IYSC) Fisika 2020



Nama : Siti Asiah

TTL : Kp. Badar 17 Agustus 2004

Alamat : Sikerabang, Longkib, Kota Subulussalam

Cita – cita : Dokter 

Nama Orang Tua:

Ayah : Ali Armansyah

Ibu : Khairani br. Sagala

Penghargaan yang pernah diraih:

- Medali Perak  BSC Fisika Nasional 2020

- Medali perunggu MOC Fisika Nasional 2020

- Medali perunggu KSM D Nasional 2020

- Medali perunggu INIIC internasional 2020



Nama: Nabila Gajah

TTL : Aceh singkil 14 Oktober 2005

Alamat : Jln Syech Abdurauf

Cita – cita : Psikolog

Nama Orang Tua :

Ayah : Tasman Gajah

Ibu    : Ongsiana

Penghargaan yang pernah diraih :

- Medali perunggu INIIC internasional 2020



Nama : Dwinta Nurul Fadillah Bintang

TTL : Subulussalam, 30 april 2005

Alamat : Jln Teuku Umar

Cita –cita : Abdi Negara/Pengusaha

Nama Orang Tua:

Ayah: Rudi Hartono Bintang SSI

Ibu: Munawaroh SSI Apt M Kes

Penghargaan yang pernah diraih:

-Pertukaran pelajar di Jakarta 

-Finalis NSIE 2020

-Medali perunggu INIIC internasional 2020
Share:
Komentar

Berita Terkini