Kadisdik Aceh Sosialisasikan GEMAS Hingga Pedalaman Aceh Timur

Laporan: REDAKSI author photo

Liputan23.com - Idi - Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs H Rachmat Fitri Hd, MPA memimpin rombongan Disdik Aceh memantau pelaksanaan kegiatan Gerakan Masker Sekolah (GEMAS) di sejumlah satuan pendidikam yang ada di Kabupaten Aceh Timur, Rabu (2/12/2020). 

Dalam kegiatan itu Kadisdik Aceh turut didampingi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Syukri, M. Pd, Kabid Pembinaan SMA, Drs Amiruddin, Kabid Pembinaan SMK, Azizah, M. Pd, Kepala UPTD Balai Tekkomdik, T. Fariyal, MM, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Timur, Husaini, M. Pd beserta jajarannya. 

Sejumlah sekolah yang dikunjungi Kadisdik Aceh itu, adalah SDN 6 Idi, SMKN 1 Taman Fajar, SMKN 1 Peureulak, dan SMKN 1 Indra Makmu.


"Pemerintah sudah menyatakan bahwa sekolah akan dilangsungkan pembelajaran secara tatap muka pada Bulan Januari 2020 mendatang. Kita harus memastikan kesiapan dari warga sekolah dalam menaati protokol kesehatan," ujar Haji Nanda sapaan akrab beliau. 

Meski demikian, katanya, Dinas Pendidikan Aceh bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten/Kota se Aceh juga telah menginstruksikan untuk membentuk satuan tugas penanganan Covid 19 di setiap satuan pendidikan yang ada di seluruh Aceh. 

"Didalam SK kepala sekolah itu dituliskan nama guru dan tenaga pendidikan yang telah diberikan tugas secara rinci, ini penting dilakukan agar semuanya bertanggungjawab atas pekerjaan masing-masing. Sehingga tugasnya benar-benar dapat berjalan secara maksimal," ungkapnya. 

Kepala sekolah dan warga sekolah lainnya, harapnya, diminta untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan, yaitu gemar memakai masker, selalu menjaga jarak serta menghindari setiap kerumunan. 


"Protokol kesehatan dan POS Pendidikan harus terus berjalan secara baik. Jika tidak maka kita akan dinilai belum siap untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka," katanya. 

Pihaknya juga telah memastikan agar setiap siswa selalu menjaga protokol kesehatan. Setiap siswa telah diberikan masker dan brosur pencegahan Covid 19 agar dapat dibaca dan dipelajari bersama keluarganya dirumah. Selain itu setiap sekolah juga telah dipasang spanduk pencegahan Covid untuk mengingatkan siswa dan guru. 

"Kami harapkan semua siswa sebelum pergi ke sekolah wajib sudah berwudhu dari rumah. Begitu juga ketika hendak pulang kerumah dari sekolah juga harus dipastikan dalam keadaan berwudhu," ujarnya mengingatkan. 

Dalam kunjungannya tersebut, Kadisdik Aceh juga ikut melihat kondisi sarana prasaran sekolah, seperti tempat mencuci tangan, ruangan kelas, laboratorium, ruangan guru dan kepala sekolah serta sejumlah tempat lainnya yang ada di sekolah.

"Hari ini selain kita memantau pelaksanaan GEMAS, juga kita melihat kondisi sekolah hingga daerah pedalaman. Sehingga kita tidak hanya menerima laporan yang baik-baik saja, tapi kita juga memastikan kondisi dilapangan sesungguhnya," demikian tutup Kadisdik Aceh, Drs Rachmat Fitri HD, MPA.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini