Biologi UIN Ar-Raniry Gelar Pelatihan Hidroponik

Laporan: LIPUTAN 23


BANDA ACEH - Kamis, (11/2 2021), Prodi Biologi FST UIN Ar-Raniry perdana mengadakan pelatihan hidroponik di Kebun Biologi, tepatnya di kawasan Fakultas Sains dan Teknologi. Acara ini disambut langsung oleh Ibu Lina Rahmawati, M.Si. selaku ketua Program Studi Biologi. Dalam sambutannya beliau mengharapkan bahwa pelatihan hidroponik yang ditujukan untuk para asisten laboratorium dan mahasiswa alumni Prodi Biologi FST UIN Ar-Raniry ini, bisa menjadi sarana edukasi serta kedepannya bisa menjadi peluang untuk berwirausaha.




Bapak Benni Baihaqi, SP. (Mantri Tani di Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar) menjadi pemateri pada Pelatihan Hidroponik hari ini. Beliau menyampaikan materi dasar hidroponik dan sharing dengan peserta sebelum dipraktik dalam instalasi hidroponik yang ada di Kebun Biologi secara langsung. Peserta yang ikut dalam pelatihan ini juga tak kalah antusias, karena kegiatan ini menjadi edukasi yang baru di lingkungan Program Studi Biologi FST UIN Ar-raniry. 



Setelah materi dasar hidroponik selesai, pelatihan dilanjutkan dengan cara penyemaian benih sayuran seperti selada, sawi hijau, sawi merah dan pakchoi di media rock wool. Dilanjutkan dengan cara pemindahan bibit beserta media rock wool dari nampan ke netpot yang berada di 4 instalasi yang telah tersedia di rumah kasa. Tak hanya itu Pak Benni mempraktikan cara pembuatan nutrisi yang mengandung mineral dan zat hara dicampur dengar air bersih, lalu dimasukkan ke dalam drom air sebagai sumber nutrisi bibit tanaman tersebut. 

“Kalau kita udah lakukan penyemaian dan pemberian nutrisi pada bibit tanaman, tinggal kita harus menjaga tanaman-tanaman muda ini agar terhindar dari hama. Biasanya hamanya itu serangga, dia akan hinggap dibalik daun tanaman ini. Lalu pH air dan suhu ruangan juga perlu diperhatikan, karena dangat berengaruh pada pertumbuhan tanaman”, jelas Pak Benni.


Sumber: http://www.biologi.fst.ar-raniry.ac.id/2021/02/prodi-biologi-adakan-pelatihan.html?m=1

Share:
Komentar

Berita Terkini