Dosen dan mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry melakukan Pengabdian Masyarakat di Aceh Tengah

Laporan: LIPUTAN 23

TAKENGON - Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban para dosen dalam berkontribusi untuk negeri. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dosen Prodi Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry bersama mahasiswa pada semester ini memutuskan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat yang khususnya terealisasi di MAN 1 Aceh Tengah, yang bertepat di takengon
Pengabdian ini berupa sosialisasi upaya pengembangan penelitian bagi guru MA dalam bentuk workshop serta diselingi kegiatan Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika untuk sosialisasi Kampus.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 22 Februari 2021 bertempat di Jl. Lebe Kader, Kemili, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Kota Takengon, propinsi Aceh dengan kode pos 24519.

“Kegiatan ini sudah kami rencanakan dari satu bulan ke belakang dan Alhamdulillah hari ini sudah terlaksana dengan baik dan lancar. Dan dengan acara pengabdian ini kami berharap sekolah yang kami kujungi dapat merasakan manfaat nya” Ungkap Nazir selaku Ketua Panitia pada Acara tersebut, Selasa (23/02/2021).

Pengabdian ini dilakukan oleh beberapa dosen Prodi Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry, Banda Aceh yaitu Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D., selaku Ketua Prodi, Fitriawany, M.Pd. selaku Sekretaris Prodi, didampingi oleh beberapa dosen tetap prodi pendidikan fisika hampir 80% turut serta ikut, hingga serta beberapa mahasiswa yaitu Rifli Desrio Alendra, Hafiz Rizky, dan Ilham selaku perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika.

Peserta dari pengabdian ini adalah Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Tengah yang dipelopori langsung oleh Dosen Prodi Pendidikan Fisika dengan materi “Pengembangan Penelitian Guru MA dalam bentuk Workshop” dan Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Tengah dipelopori oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry sebagai upaya pengenalan jalur masuk kuliah khususnya memperkenalkan Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

“Kami memutuskan untuk membuat pengabdian seperti ini, tentunya karena kita berharap untuk bisa melakukan kerja sama kedepannya dengan pihak MAN 1 Aceh Tengah serta meningkatkan mutu Guru MA dalam mengembangkan penelitian dalam bentuk jurnal bersama siswa mengembangkan penelitian apapun.” Ungkap Misbahul Jannah, Selaku Ketua Prodi Pendidikan Fisika.

Guru-guru yang menjadi peserta pengabdian, terlihat sangat antusias dan bahagia salah satunya adalah Kepala Sekolah MAN 1 Aceh Tengah, Drs. Riswan Basri “Pengabdian ini sangat membantu kami khususnya mutu guru untuk mengembangkan penelitiannya sendiri dalam bentuk riset yang kemudian nantinya dapat dimasukkan kedalam jurnal karena dilihat banyak potensi-potensi bagus dari siswa MAN 1 Aceh Tengah namun tanpa bimbingan yang baik dari guru maka potensi ini tidak akan muncul” katanya (Sulthan Alfaraby)
Share:
Komentar

Berita Terkini