KREATIF SOSIAL MEDIA

Laporan: LIPUTAN 23
(Gambar: ilustrasi)

Oleh: Rachmad Setiawan, Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara
UIN Ar-Raniry Banda Aceh

MASA demi masa, era demi era sedang berjalan dan telah berlalu, banyak hal yang hadir ditengah masyarakat yang modern pada masanya dan sampai saat ini, kecanggihan alat-alat teknologi terus berhadiran dan tidak mungkin absen dari waktu ke waktu, tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran tekonologi bisa membawa keuntungan dan juga kerugian bagi tuannya. Banyak dari konsumen-konsumen  sosial media dari seluruh penjuru negeri menggunakan gadgetnya demi kepentingan yang bisa menghasilkan keuntungan pribadi maupun kelompoknya, tetapi bagaimana dengan orang-orang yang masih menyalahgunakan sosial media yang kemungkinan besar akan merugikan pribadinya.

Penulis ingin menerangkan sedikit tentang bagaimana menggunakan alat sosial media kita dengan bijak dan tetap kreatif meski sedang dalam keadaan dirumahkan seperti sekarang ini, ada banyak hal yang bisa kita lakukan didalam jaringan dan momentum ini merupakan upaya untuk peningkatan pelatihan  individu untuk lebih cerdas belajar dan mengajar di rumah melalui sosial media kita. Berikut adalah ulasan yang bisa membangkitkan semangat inovasi diri dengan media sosial agar lebih kreatif yang bisa disampaikan penulis:

Pertama, apakah kita berfikir dalam keseharian, dari pagi sampai larut malam hanya memegang gadget saja tanpa ada  hikmah yang bisa di ambil dan itu berulang-ulang kita lakukan,nah sekarang coba kita beralih dalam melakukan hal-hal bermanfaat pada masa ini, dengan menggunakan Instagram, facebook, twitter, whatapps dan lain sebagainya untuk menjadi bijak sosial media seperti mempromosikan kegiatan-kegiatan open donasi buka bersama untuk anak yatim piatu dipanti asuhan atau dengan kaum duafa yang dilakukan oleh berbagai kalangan lintas generasi dari seluruh kota-kota kecil maupun besar di negeri ini, tugasmu sekarang bisa menggunakan sosial mediamu sebagai fasilitator untuk menyebarkan informasi ini ke semua akun sosial media

Kedua, dulu kita bermain sosial media untuk mengupload foto, video, status, comment dan memberikan like untuk postingan orang, pertanyaannya adalah hal yang kreatif mana yang bisa kita hadirkan untuk orang-orang sekitar kita ? sekarang dalam kondisi wabah virus corona (Covid-19) seperti pada saat ini, kita bisa membagikan postingan-postingan yang bisa bermanfaat di sosial media kita tentunya, seperti tips-tips keren agar tidak bosan dirumah, seperti iri dengan prestasi teman dikampus yang mendapatkan IP tinggi yang selalu belajar, nah sekarang ini kita bisa mulai membaca dari buku yang kita senangi dan menarik untuk dibaca kemudian kita sebarkan postingan manfaat  mengenai bacaan kita di instastory atau snapchat.

Ketiga, apa yang terjadi bila kita terus-terusan seperti orang yang tidak tahu arahnya kemana yang asik memantau kemajuan teknologi informasi khususnya dan berbagai teknologi yang ada sekarang ini bila tidak melakukan perubahan pola hidup yang lebih kreatif dan memanfaatkan kondisi ini untuk kemajuan pola pikir terus memandang kedepan dengan menciptakan inovasi yang bagus di sosial media ? tentu jawabannya kita akan ditelan oleh zaman, karena prinsip kita terus mau berjalan ditempat tanpa adanya tindakan satupun yang cerdas. Sosial media adalah alat penghubung yang canggih saat ini, banyak hal yang bisa kita wujudkan disitu, tawaran berikutnya dari penulis adalah gunakan sosial media untuk berbisnis, apapun itu dan kapanpun anda mau, terus coba memanfaatkan situasi ini untuk perubahan perilaku yang lebih baik.

Dengan hadirnya berbagai aplikasi sosial media yang bertujuan untuk mendekatkan yang jauh dan bisa berkomunikasi kapanpun tentu memberikan peluang yang sangat besar untuk menang dari tantangan era revolusi industry 4.0 ini, mulai dari berbelanja dan berbisnis pula ada dalam aplikasi-aplikasi sosial media itu, momentum seperti ini merupakan waktu yang berpotensi untuk  melakukan hal-hal positif untuk banyak orang diluar sana yang bisa termotivasi untuk melakukannya juga, contoh kecil mereka yang mempromosikan kolak atau takjil lainnya milik sahabat atau teman mereka melalui sosial media mereka, buat kita semua tunggu apalagi ? tunggu moment ini segera berakhir dan kita mulai dikejar oleh tugas-tugas kampus ya ? mari gunakan kondisi ini yang hanya berdiam diri dirumah tetap produktif dan kreatif tentunya. 

Hari ini kita berada pada level yang sangat tinggal loh, kecanggihan teknologi yang diciptakan oleh orang luar membuat kita semakin tinggal, ada gak cara lain membuat kita dapat bersaing ? penulis langsung menuju kepada intinya bahwa kita akan mampu bersaing dengan memanfaatkan teknologi apapun tetapi dengan ide-ide kreatifnya, bukan hanya mereka saja yang mampu menciptakan teknologi tetapi kita juga bisa mengandalkan teknologi untuk mencari keuntungan disosial media. Intinya tetap semangat dan terus untuk  mencoba menghadirkan hal-hal baru yang aneh, unik dan inovatif yang bisa membuat banyak orang mampu berkarya melalui sosial media  mereka. 

Adapun hal penting yang harus diperhatikan oleh pengguna social media adalah sisi positif dan negative. Sisi positif yang bisa kita dapatkan dari kecanggihan teknologi yang semua sudah tersedia di media social adalah mudahnya mendapatkan informasi dunia dan semua kejadian yang ada didunia dapat kita dapatkan hanya dalam waktu yang singkat, bijak dalam ber media social adalah hal penting yang harus diperhatikan karena jika salah dalam menggunakannya dapat membahayakan diri kita.

Tak luput dari itu, sisi negative juga sangat banyak kita dapatkan jika tidak bijak dalam menggunakan media social, seperti penyebaran hoax dan penggunaan yang tidak tepat lainnya, banyak hal yang dapat membahayakan kita bisa kita jumpai di media social, Game online juga bukti dari kecanggihan teknologi saat ini, sisi positif dan negative seperti terlalu lama memainkan game online dapat membahayakan saraf, perasaan senang, emosi, dan stress yang akan kita dapatkan jika keasikan bermain game online, ini adalah efek yang sangat merugikan penggunananya. Hal positif dari game online mungkin hanya sedikit, tetapi teknologi yang sudah sangat dinikmati oleh pengguna membuat orang susah untuk menjauhinya, sisi positif lainnya seperti, kita dapat berkomunikasi dan mendapatkan teman baru ketika bermain game, tak jarang bahkan ada yang menjumpai jodoh dari bermain game, ini adalah hal yang positif yang membuat orang tertarik bahkan sampai lupa waktu ketika bermain game.

Harapan penulis kepada semua pengguna media social agar selalu bijak dalam membaca, maupun menyebar berita yang didapat, karena banyaknya isu hoax saat ini yang sangat sulit untuk dibendung. penggunaan media social yang tepat dapat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada penggunanya, banyak ilmu yang bisa kita ambil dari media social, salah satunya seperti mengetahui informasi terupdate dari dunia, memudahkan kita berkomunikasi dengan orang lain, mendekatkan yang jauh, dan banyak hal lainnya yang teman-teman semua bisa merasakannya, inti dari semuanya adalah bijaklah dalam menggunakan media social agar kita tidak dirugikan oleh kecanggihan teknologi yang seiring waktu peningkatannya semakin besar, dan dampaknya juga semakin luas.
Share:
Komentar

Berita Terkini