Khidmat Peers Lighter Association Untuk Negeri

Laporan: Tim SA Center
(Foto: dok ist)

Pulo Aceh - Peers Lighter Association (PLA) mengadakan pengabdian untuk negeri di salah satu gampong yang terletak di Kabupaten Aceh Besar, Pulo Aceh, Lampuyang. Senin (08/03/2021).

Muhammad Syahrul Hadi selaku Ketua Panitia berpesan "agar rekan-rekan PLA dapat bekerjasama, menjaga tata krama selama berada disana dan menerapkan protokol kesehatan serta memberikan yang terbaik untuk warga Pulo Aceh".

"Pengabdian ini merupakan khidmat kami yang dilakukan untuk mengembalikan semangat pendidikan bagi generasi penerus negeri, dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekaligus menjadi amal bagi kami" Ujar President Peers Lighter Association Tersebut. 

Adapun kegiatan yang dilakukan Peers Lighter Association adalah bersosialisasi dengan masyarakat tentang potensi alam yang menjadi sumber penghasilan, melakukan beach cleaning serta mengunjungi taman baca anak, TPQ Bustanul Huda, SDN Lampuyang dan SMAN 2 di Pulo Aceh yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada generasi-generasi yang ada disana agar mereka tidak putus sekolah dan mereka diharapkan untuk dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. 

Hari pertama kesekolah (09/03/21) PLA mengunjungi SDN Lampuyang, dimana guru yang mengabdi terdiri dari 10 orang. "Kami berharap sekolah SDN Lampuyang akan lebih baik lagi kedepannya, dengan adanya pengabdian yang dilakukan mahasiswa, hal tersebut sangat membantu kami dan saya selaku perwakilan dari staff guru juga berharap agar silaturrahmi ini atau kegiatan yang dilakukan sekarang tidak hanya sekali saja, semoga kedepannya banyak juga kegiatan mahasiswa yang seperti ini". Ungkap salah satu guru SDN Lampuyang, Ibnu Ruslan.

Selanjutnya PLA juga mengunjungi Sekolah lainnya (10/03/21). SMAN 2 Pulo Aceh memiliki guru yang berjumlah 13 orang dimana 7 diantaranya adalah PNS sementara yang lainnya adalah guru honorer. Siswa di SMAN 2 berjumlah 46 orang. "Minimal setiap tahun ada sekitar 3-5 orang anak didik kami yang bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan punya masa depan yang baik". Ujar salah satu dewan guru.

Kegiatan terakhir yang dilakukan Peers Lighter Association adalah agenda beach cleaning dengan persiapan beberapa plastik sampah yang dibawa langsung dari Banda Aceh, Presiden PLA Tengku Raja Rachmatullah mengerahkan seluruh anggota agar membersihkan pantai. Sampah yang ditemukan disepanjang garis pantai berupa sampah plastik dan sampah organik. Seluruh anggota berhasil mengumpulkan sampah dalam 6 kantong plastik. Agenda tersebut menjadi bagian akhir dari kegiatan PLA mengabdi di Pulo Aceh. 

Dalam pengabdian ini, Peers Lighter Association memberikan piagam penghargaan kepada sekolah SD Lampuyang, SMAN 2 Pulo Aceh, Geucik lampuyang dan Geuchik Blangsi Tungkoh Serta Camat Pulo Aceh sebagai bentuk apresiasi Kepada mereka yang telah mengabdi dengan ikhlas dan rendah hati di Pulo Aceh. PLA juga mengungkapkan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan perangkat gampong yang telah menerima kami dengan baik dan mendukung kegiatan yang kami lakukan. 

"Harapan kami bersama ini bukan kegiatan yang terakhir kami di Pulo Aceh melainkan awal mula untuk membangkitkan semangat rekan-rekan PLA dalam mengabdi dan melayani hingga ke pelosok Negeri, dan uga Terima kasih kami kepada para Donatur yang telah membantu menyukseskan kegiatan Ini semoga menjadi amal bagi kita semua" tutup putra Kota Petrodollar tersebut Tengku Raja Rachmatullah. (SA)
Share:
Komentar

Berita Terkini