Terima Penghargaan AMI ke VII 2021, Bupati Ramli: Bukti Keseriusan Pemkab Aceh Barat

Laporan: Azhar author photo
noeh21
Bupati Aceh Barat terima Penghargaan
 
Liputan23 | Melaboh - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat kembali meraih penghargaan anugerah Perencanaan Prof. A. Madjid ibrahim (AMI) ke VII Tahun 2021. Penghargaan itu diterima langsung Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Senin 5 April 2021.
 
Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS menyebut sangat bersyukur atas prestasi yang diperolehnya."Ini menunjukkan bahwa pemkab Aceh Barat telah melaksanakan sistem perencanaan yang sesuai dengan amanat permendagri Nomor 86 Tahun 2017,"kata Bupati Ramli.
 
Bupati menyebut itu dibuktikan dengan keseriusan Pemkab Aceh Barat dalam menyusun perencanaan pembangunan yang tertuang dalam dokumen RKPD Aceh Barat Tahun 2021.
 
Ia mengaku terus mengakomodir seluruh proses dan tahapan perencanaan, baik dari sisi proses pendekatan perencanaan yang meliputi aspek Bottom up (musrenbang), top down (Keselarasan dengan Progran Nasional dan Provinsi, Aspek Politis dan Aspek teknokratik yang sesuai dengan visi-misi Bupati Aceh Barat maupun dari sisi keselarasan dari implementasi perencanaan pembangunan yang terangkum kedalam dokumen APBK tahun 2021.
 
Lebih lanjut, Bupati Ramli mengatakan bahwa pencapaian hasil penilaian itu dilaksanakan dalam 3 tahapan yang terdiri dari Tahap penilaian kualitas dokumen, tahap wawancara dan tahap verifikasi lapangan.
 
"Tahap ke tiga ini, salah satu aspek yang dilakukan verifikasi oleh tim penilai dari Provinsi adalah verifikasi inovasi pembangunan, dan Pemkab Aceh Barat tahun 2021 mengusung inovasi yang digagas oleh Disdukcapil Aceh barat yaitu Aklamasi Dansa (Akte Kelahiran dan Kematian berbasis Dana Desa),"katanya
 
Bupati Ramli menyebut Pemkab Aceh Barat termasuk kedalam salah satu kabupaten se- indonesia yang dinominasikan untuk memperoleh penghargaan terbaik tingkat nasional.
 
"Pada proses penilaian penghargaan tingkat nasional, Pemkab Aceh Barat telah melalui 2 tahapan pernilaian yang diselenggarakan oleh bappenas RI, dan berhasil masuk kedalam 10 besar Kabupaten calon penerima penghargaan perencanaan pembangunan yang dilaksanakan melalui kegiatan PPD Tahun 2021,"jelasnya.
 
Bupati Ramli terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar bisa meraih predikat di tingkat nasional.
(Sumber IJN) 
Share:
Komentar

Berita Terkini