-->

Aceh Jaya Diusia 19 Fokus Pengembangan SDM dan Infrastruktur

Laporan: Azhar author photo

Liputan23.Com | Aceh Jaya - Hari ini, Sabtu 10 April 2021 Kabupaten Aceh Jaya genap berusia 19 tahun. Kabupaten yang ibukota Calang ini merupakan kabupaten pemekaran dari Aceh Barat pada tahun 2002 yang mempunyai 9 kecamatan dan 172 Desa berbatasan dengan Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Barat.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Aceh Jaya ke -19 yang mengangkat tema "Penguatan SDM dan Infrastruktur Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Menuju Masyarakat Aceh Jaya Sejahtera" sebagai upaya pemerintah mewujudkan masyarakat Aceh Jaya yang makmur dan sejahtera.

Kabupaten Aceh Jaya kali ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga Pemerintah mengambil inisiatif Pelaksanan upacara dalam bentuk apel dengan memakai baju adat diikuti pimpinan daerah, para tokoh, pejabat eselon II dan III dan kepala SKPK serta camat dalam lingkup pemerintah Aceh Jaya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB mengatakan, kabupaten Aceh Jaya telah mencapai usia 19 tahun setelah dimekarkan dari kabupaten aceh barat berdasarkan undang No 4 tahun 2002.

Dalam rentang waktu tersebut, berbagai kebijakan strategis dan upaya telah diimplementasikan sebagai ikhtiar mewujudkan masyarakat Aceh Jaya yang berkemakmuran dan sejahtera.

" Saat ini kita sedang memfokuskan pembangunan pada bidang pengembangan SDM dan memperkuat infrastruktur sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi serta kehidupan keagamaan yang kuat untuk mewujudkan masyarakat aceh jaya yang lebih sejahtera," ujar T. Irfan TB.

Ia menambahkan melalui kualitas SDM meyakini akan memberi dampak positif terhadap kemajuan dalam pembangunan Aceh Jaya. Dilakukan untuk mengisi kekurangan agar dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri telah menobatkan penghargaan Kabupaten Aceh Jaya sebagai kabupaten sangat inovatif (innovative government award 2020).

Penghargaan tersebut bukan hanya membanggakan tetapi memberikan semangat dan motivasi menjadi modal besar untuk membangun Aceh Jaya dimasa mendatang.

Selain itu, ia berharap melalui program gerakan pembangunan masyarakat Aceh Jaya yang sehat, Kejayaan, Agama, Tangguh, Infrastruktur dan Informatika (Gerbang Raja Sejati), sehingga mampu bersaing dan bersanding dengan kabupaten/kota lain yang ada di Provinsi Aceh.

" Program Pemerintah Aceh Jaya pro-rakyat sudah dapat dirasakan oleh masyarakat, baik raskin gratis, beasiswa Aceh Jaya Cerdas, dapur sehat, dana asistensi sosial lanjut usia resiko tinggi (Aslureti), pulsa listrik gratis bagi pelanggan 900 VA kebawah, Saweu Ureng Saket (SUS) dan berbagai program pro-
rakyat lainnya." Jelasnya kepada awak media

T. Irfan TB juga mengajak semua pihak untuk bersatu dan bahu membahu membangun Aceh Jaya sesuai kapasitas dan tupoksinya masing -masing demi kesejahteraan masayarakat Aceh Jaya.

" Tujuannya hanya untuk kesejahteraan masyarakat aceh jaya dan bukan demi sekelompok golongannya semata," tutupnya

Share:
Komentar

Berita Terkini