Baitul Mal Aceh Buka Pendaftaran Beasiswa Penyusunan Tugas Akhir


Liputan23.Com | Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) kembali membuka pendaftaran beasiswa untuk penyusunan tugas akhir bagi mahasiswa D3/S1 tahun 2021. Pendaftaran beasiswa tersebut dilakukan secara online mulai tanggal 24-31 Mei 2021.

Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden, Selasa (25/05/2021) mengatakan beasiswa tersebut ditujukan untuk meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah.

“Sasaran utama dari beasiswa ini adalah mahasiswa dari keluarga miskin yang sedang menyelesaikan studinya pada perguruan tinggi yang berada di dalam wilayah provinsi Aceh,” kata Rahmad Raden.

Ia menjelaskan kriteria calon penerima beasiswa tersebut antara lain berasal dari dari keluarga miskin/yatim/dhuafa, ber-KTP dan KK Aceh, mahasiswa perguruan tinggi/ kampus di wilayah Provinsi Aceh dan diutamakan yang memiliki IPK minimal 3,00.

Di samping itu, pendaftar juga belum pernah menerima beasiswa tugas akhir dari BMA, berstatus mahasiswa aktif dan telah menyusun tugas akhir minimal Bab I s/d Bab III.

“Selain itu tidak sedang menerima beasiswa/bantuan dari lembaga/institusi lain, satu orang penerima bantuan dalam 1 KK dan melengkapi administrasi sesuai petunjuk di form pendaftaran,” jelas Rahmad Raden.

Rahmad Raden menambahkan, terdapat beberapa dokumen yang harus diunggah melalui form pendaftaran, yaitu KTP/kartu identitas lainnya, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Kurang Mampu, Surat Keterangan dari kampus yang menyatakan bahwa pendaftar adalah mahasiswa aktif, telah menyusun Tugas Akhir minimal Bab I s/d III dan tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain.

“Kemudian transkrip nilai terbaru, slip pembayaran SPP atau UKT semester terakhir, SK Penunjukan Dosen Pembimbing Skripsi atau Tugas Akhir dan Buku Rekening Bank Aceh yang masih aktif atas nama mahasiswa, jika ada,” kata Rahmad Raden.

Ia juga meminta pendaftar untuk mengikuti akun-akun sosmed Baitul Mal Aceh seperti: YouTube: Baitul Mal Aceh, Facebook: Baitul Mal Aceh, Twitter: @baitulmalaceh dan Instagram: @baitulmalaceh.

Untuk registrasi, pendaftaran dan pengiriman berkas dapat mengunjungi website Baitul Mal Aceh di https://baitulmal.acehprov.go.id

(Har)