Bayang Semu Etika Pelayanan Publik Era Pandemi

Laporan: LIPUTAN 23

Oleh: Teuku Muhammad Johan 
(Mahasiswa Ilmu Pemerintahan/FISIP/Universitas Syiah Kuala)

ETIKA merupakan dimana kesediaan jiwa atau kumpulan dari berbagai peraturan yang menyangkut dengan kesusilaan. Etika juga berupa norma-norma dan aturan yang dapat mengatur perilaku seseorang dalam mengambil suatu tindakan atau keputusan dan juga memainkan perannya dalam masyarakat sesuai dengan aturan-aturan yang ada didalam masyarakat tersebut agar dapat dikatakan suatu tindakan yang bermoral, hal tersebut guna agar membuat masyarakat memiliki pemikiran atau etika yang baik dalam kehipan sehari-hari. 

Etika dapat dikatakan penting apabila dalam penyelenggaraan pemerintah sebagai berikut: a) semua masalaha yang ada dalam di dalam masyarakat dapat di atasi dengan baik oleh pemerintah daerah, b) keberhasilan pembangunan di dalam masyarakat dapat di atasi dengan baik oleh pemerintah, hal tersebut untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar lebih baik lagi.
Pemerintahan haruslah memiliki pola perilaku yang baik agar dapat diikuti oleh masyarakat dan juga menjadi pedoman atau kode etik bagi seluruh aparatur pemerintah. Terlebih pada era pandemi saat ini, pemerintah harus fokus terhadap pelayanan yang disuguhkan kepada masyarakat baik dalam bidang ekonomi, kesehatan serta aktivitas sehari-hari yang terjadi di lingkungan masyarakat. 

Pada bidang ekonomi di era pandemi covid, pemerintah semestinya terus  memperhatikan kondisi keuangan masyarakat karena banyak dari  masyarakat yang kehilangan pekerjaan dampak dari PHK serta penutupan lapangan kerja. Saluran bantuan  dana dari pemerintah sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, sungguh sangat disayangkan apabila  penyaluran dana tidak tepat sasaran atau tidak berdasarkan data yang relefan.  

Pada bidang kesehatan di era pandemi covid, pemerintah hendaklah menjamin fasilitas medis yang memadai untuk mengcover jumlah masyarakat baik yang terpapar covid maupun masalah kesehatan lainnya, pemerintah dan aparatur harus mampu meyakinkan masyarakat mengenai vaksin, alat, serta petugas medis telah sesuai standar untuk melayani masyakat. Tetapi apalah daya apabila disela-sela ketakutan yang dirasakan masyarakat terdapat oknum-oknum kurang terpuji melakukan tindak kecurangan seperti halnya menggunakan alat bekas pakai  untuk melakukan tes swab, hal ini haruslah menjadi perhatian pemerintah.  
Aparatur pemerintah yang bermoral tinggi akan senantiasa menjaga dirinya agar dapat terhindar dari perbuatan tercela, karna terpanggil untuk menjaga amanah. (Liputan23.com/Sulthan Alfaraby)
Share:
Komentar

Berita Terkini