Jelang Lebaran, Satgas Pangan Aceh Perkuat Pengawasan

Laporan: Azhar author photo


Liputan23.Com | Aceh-Tim Satuan Tugas (Satgas) pangan Aceh menyatakan akan terus melakukan pengawasan terhadap harga dan ketersediaan bahan pangan untuk kebutuhan bahan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 hijriah.

“Koordinasi dan komunikasi antar pemangku kepentingan di Aceh sangatlah penting dilakukan untuk mengawasi stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan di Aceh,” kata Kepala Biro Perekonomian Setda Aceh, Amirullah di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela memimpin Rapat Koordinasi Satgas Pangan dalam rangka ketersediaan stok dan stabilitas harga bahan pangan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri, di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan pengawasan menjadi hal penting agar harga barang kebutuhan tidak dijual di atas harga normal.

Ia mengatakan rapat tersebut diikuti oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani, Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol, Margiyanta, Kepala Dinas Pangan Aceh, Cut Yusminar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Mohd Tanwier, dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani, mengatakan, secara historis setiap Ramadhan dan menjelang hari raya selalu terjadi peningkatan laju inflasi di Aceh.

Ia merekomendasikan agar adanya operasi dan sidak pasar.

“Harga normal bahan pokok juga perlu dipublikasi melalui media. Begitu juga proses distribusi barang pangan juga perlu diawasi,” kata Sarwani.

Share:
Komentar

Berita Terkini