BPBD Jawa Timur Kirim Kebutuhan Penanggulangan Pandemi COVID-19 di Bangkalan

Laporan: Redaksi author photo

Liputan23.com|Surabya - Bantuan berupa peralatan medis mulai disalurkan oleh pihak BPBD Jatim. Penyaluran perlengkapan medis itu, terdiri dari ribuan masker, hand sanitizer dan kapsul disinfektan sebanyak 500 butir.

Kapen Humas Satgas Penanggulangan COVID-19 Bangkalan, Kolonel Arm Imam Haryadi mengatakan, bantuan perlengkapan medis itu diterima langsung oleh pihak Staf Teritorial yang sudah berada di lokasi penanggulangan pandemi Bangkalan. "Bantuannya kita simpan di posko penanggulangan," kata dia, Senin (14/6).

Ia menambahkan, selain bantuan berupa logistik, pihak Satgas juga mendapat bantuan berupa dukungan dari berbagai elemen masyarakat. "Dukungan itu datang dari para tokoh masyarakat, dan ulama. Ini sangat berarti bagi kami. Sebagai pemacu semangat Satgas memutus rantai pandemi," jelas dia.

Sebelumnya, Kesdam V/Brawijaya juga mengirim 15 Tim Medis ke Bangkalan. Terdiri dari dua dokter dan 13 perawat.

Selain pengiriman tenaga kesehatan, Imam menjelaskan jika Forkopimda Jatim saat ini mulai melakukan langkah-langkah antisipasi mencegah timbulnya klaster baru. "Seperti mengajak semua elemen masyarakat untuk patuh protokol kesehatan," jelas dia.

Untuk diketahui, terjadinya pelonjakan pandemi di Bangkalan, seakan menjadi pantauan khusus Forkopimda Jawa Timur khususnya pihak Kesdam. Tidak hanya yang ada di Madura, namun di seluruh Jatim juga diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan (prokes).

Selain itu, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menghindari kerumunan. Sementara di wilayah Bangkalan, saat ini sudah banyak yang sembuh dari COVID-19. 

Meski sampai saat ini masih ada yang melakukan isolasi mandiri maupun dirawat di rumah sakit rujukan, baik yang ada di Bangkalan maupun yang ada di Kota Surabaya. **

Share:
Komentar

Berita Terkini