Dandim 0111/Bireuen Bersama Anggota dan persit Panen Sayuran Hidroponik

Laporan: Redaksi author photo

Bireuen – Komandan Kodim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe, S. Sos. bersama para Perwira, Bintara dan Tamtama serta anggota persit Kodim 0111/Bireuen melakukan panen sayuran yang ditanam di samping kantor persit Makodim 0111/Bireuen, Jumat (25/06/21).

Berbagai macam jenis sayuran seperti sawi dan Selada di tanam secara hidroponik di samping kantor persit Makodim 0111/Bireuen.

Bukan berarti minimnya lahan untuk ditanami sayuran, akan tetapi penanaman seperti ini agar dapat dijadikan contoh bagi para anggota untuk dikembangkan dipekarangan rumah maupun di masing-masing Koramil yang ada di jajaran Kodim 0111/Bireuen.

Dandim Letkol Inf Zainal Abidin Rambe, S. Sos. mengatakan, ternyata menanam sayuran dengan menggunakan hidroponik hasilnya cukup bagus dan memuaskan. Selain itu, menanam dengan cara seperti ini sayuran sudah dapat dipanen dalam waktu yang cukup singkat yaitu 1 bulan saja.

”Pembuatan hidroponik seperti ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan karena hanya memerlukan berberapa macam paralon yang dirangkai kemudian pupuknya dari nutrisi yang diolah dengan air yang disirkulasikan ke alat hidroponik tersebut,” jelasnya.

Dandim menambahkan, selain pembuatannya mudah dan hasilnya yang cukup bagus, tanaman sayuran seperti ini juga mememiliki berbagai manfaat yang diantaranya tidak tergantung pada tempat dan musim, bebas dari serangan hama dan penyakit yang berasal dari dalam tanah, menghemat penggunaan pupuk dan tidak memerlukan biaya yang banyak serta dapat dilakukan oleh siapa saja.

Tidak hanya itu saja, penanaman sayuran yang cukup mudah dan bisa cepat panen seperti ini juga merupakan upaya untuk membantu mencukupi kebutuhan sayuran sehari-hari serta dapat memperindah pekarangan rumah.(DL_CLD)

Share:
Komentar

Berita Terkini