Petani Sawo Organik Desa Bangowan Blora Dukung Ekonomi dalam Masa Pandemi

Laporan: Redaksi author photo

Liputan23.com|Blora - Polres Blora Polda Jawa Tengah terus melakukan berbagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan dan menciptakan kegiatan ekonomi yang aman dan bebas dari COVID-19.

Salah satunya dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Polsek Jiken Polres Blora Bripka Nyamat Ari Widodo, bersama Babinsa Koptu Simin. Keduanya menyambangi petani sawo organik di wilayah setempat,pada Senin (28/6).

Dalam sambang tersebut, Bhabinkamtibmas memberikan motivasi kepada petani sawo organik agar selalu semangat dan bisa mengembangkan usaha petani sawo di desa setempat.

“Kita ajak warga untuk selalu semangat, dan jika ada kendala, saya siap membantu,” kata Bripka Nyamat.

Lebih lanjut Bripka Nyamat menceritakan bahwa, sebagian besar warga Desa Bangowan ini mempunyai pohon sawo di pekarangan rumahnya, itu dikarenakan tanah desa tersebut memang subur dan cocok untuk tanaman buah sawo.

Masih kata Bripka Nyamat, sebagai sarana silaturahmi dan berbagi di desa tersebut telah terbentuk Kelompok Tani Khusus Petani Sawo.

“Di Desa ini ada Kelompok Petani Sawo, yaitu kelompok tani Timbul Mulyo,” tandas Bripka Nyamat.

Untuk perawatan dan pemasarannya sendiri terbilang mudah, Bripka Nyamat menceritakan, warga sini biasa bekerja keras, dan Alhamdulilah hasil sawonya bagus, untuk pemasarannyapun mudah.

"Ada dua jenis sawo organik di Desa Bangowan yaitu sawo organik biasa dan sawo organik super. Untuk sawo yang super adalah sawo yang ukurannya besar sedangkan yang biasa adalah ukurannya kecil," kata Bripka Nyamat.

Dulu pemasarannya agak susah, namun untuk saat ini pemasarannya mudah karena buah sawo organik Desa Bangowan sudah terkenal. "Bahkan sekarang banyak tengkulak yang datang door to door untuk mencari dagangan sawo," tandas Bripka Nyamat.

Sriyono, salah satu petani sawo mengapresiasi aktifnya Bhabinkamtibmas menyambangi petani sawo, dirinya mengaku pada awalnya sulit untuk menembus pasaran luar kota, namun berkat saran dan masukan dari Bhabinkamtibmas agar memanfaatkan teknologi internet melalui Smartphone, akhirnya sawo khas Desa Bangowan bisa tembus pasaran luar kota melalui jual beli online.

“Alhamdulilah, kehadiran pak Bhabinkamtibmas sangat membantu. Saran sarannya dahulu untuk memasarkan melalui media sosial kini membuahkan hasil. Bahkan ada juga yang ke sini karena melihat postingan di akun Instagram Polres Blora tentang buah sawo Bangowan," kata Sriyono.

Sriyono mengemukakan bahwa, hasil panen Sawo tahun ini lebih bagus dari tahun kemarin, kemungkinan karena cuaca tahun ini lebih sejuk di mana masih ada hujan pada musim pancaroba sehingga ketersediaan air tercukupi untuk budi daya buah sawo.

"Alhamdulilah hasilnya lebih bagus dari tahun kemarin. Jadi bisa membantu menambah pendapatan warga, apalagi ditengah pandemi seperti ini," beber Sriyono.

Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi menyampaikan bahwa, apa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Nyamat ini sudah tepat. Apalagi saat saat seperti ini, setiap warga dituntut untuk kreatif agar bisa bertahan ditengah pandemi.

"Apa yang dilakukan oleh Bripka Nyamat harus kita dukung. Dan jangan lupa dalam sambang agar tidak bosan mengingatkan warga akan pentingnya protokol kesehatan," tutur Kapolsek Jiken.**

Share:
Komentar

Berita Terkini