Tertarik Menjadi Wartawan? Ini Skill Yang Harus Kamu Punya

Laporan: Redaksi author photo

Ilustrasi 
Liputan23.com|Jakarta - Menjadi wartawan memang menyenangkan. Bisa bertemu dengan banyak orang dan meliput acara-acara seru. Tapi sama dengan pekerjaan lainnya yang juga punya risiko dan beban, profesi wartawan pun enggak selalu enak kok.

Nah, buat TemanBaik yang tertarik jadi wartawan ini nih kemampuan-kemampuan yang harus kalian punya sebagai bekal. Apa saja?

1. Komunikasi dan Adaptasi

Saat menjalani tugas sebagai wartawan, kita akan menemui banyak narasumber karena itu kemampuan berkomunikasi dibutuhkan. Bagaimana cara supaya narasumber nyaman memberikan informasi yang dibutuhkan untuk bahan tulisan kita. Komunikasi dengan redaktur di kantor atau rekan kerja juga akan membantu pekerjaan ini lebih lancar.

Jangan ragu atau malu untuk bertanya jika ada yang tidak dimengerti karena bagaimana kita akan menyampaikan berita jika wartawannya sendiri tidak mengerti.

Selain itu, jadi wartawan membuat kita harus siap ditempatkan berbagai kondisi. TemanBaik yang bisa dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru punya bekal untuk jadi wartawan.

2. Menulis

Tentu saja ini adalah tugas utama wartawan. Menuliskan laporan yang telah diperoleh di lapangan untuk kemudian menyampaikannya ke publik. Supaya pesan yang ingin disampaikan bisa sampai, maka tulisannya haruslah mudah dimengerti dan enak untuk dibaca. Nah kabar baiknya, kemampuan menulis ini bisa diasah. Semakin sering menulis maka TemanBaik akan makin terampil.

3. Tangguh dalam Tekanan

Mungkin setiap profesi juga akan ada tekanan, baik dari atasan, klien atau pihak lain. Begitu juga dengan wartawan yang harus siap menghadapi tekanan. Seperti tekanan deadline hingga tekanan dari narasumber yang merasa tidak suka dengan tulisan yang telah dibuat. Tipnya, TemanBaik harus tangguh menghadapi berbagai tekanan itu. Hadapi saja dengan sebaik-baiknya.

4. Profesional

Wartawan profesional itu berarti bisa menempatkan diri dan bersikap sesuai dengan porsinya saat bersama narasumber. Profesi wartawan rentan didekati orang-orang yang berkepentingan yang ingin memanfaatkan 'kekuasaan' wartawan dalam menulis berita. Karena itu wartawan yang baik adalah yang memiliki sikap dan prinsip namun tetap bersikap santun dan baik.(sb. _btb) 

Share:
Komentar

Berita Terkini