-->

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ujung Tombak Pembagian Masker ke Masyarakat

Laporan: Redaksi author photo

Liputan23.com|Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kedeputian Penanganan Darurat dan Kedeputian Logistik dan Peralatan kembali mendistribusikan masker ke tiga titik lokasi di Jakarta pada Kamis (22/7/2021).

Adapun tiga titik lokasi pendistribusian tersebut meliputi Kecamatan Sawah Besar, Kecamatan Gambir dan Kecamatan Tanah Abang.

Hal itu dilakukan sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, guna mendorong penguatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sebagai salah satu upaya memutus rantai penularan COVID-19 di tengah masyarakat.

"Kami di sini sesuai arahan Presiden telah mendorong pendistribusian masker ini demi menjaga agar diri kita tetap sehat," ujar Ganip di sela peninjauan program vaksinasi dan pendistribusian masker di Rusun Petamburan, Tanah Abang.

Dalam hal ini, khusus untuk Kecamatan Gambir, pembagian masker on the spot dilakukan di sekitar wilayah komplek SDN Duri Pulo.

Adapun giat tersebut dilakukan mengingat Kelurahan Duri Pulo masuk dalam zona oranye, sebagaimana menurut data dari pihak Kecamatan Gambir.

Dengan demikian, pemilihan lokasi tersebut sekaligus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker dan menjaga disiplin protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaannya, terang Ganip, kegiatan distribusi masker ini melibatkan tim dari unsur Koramil maupun Polsek di masing-masing wilayah tersebut.

Melalui pendistribusian itu, Ganip Warsito yang juga sekaligus sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengingatkan kepada masyarakat yang membutuhkan masker agar dapat menghubungi pihak-pihak berwajib seperti Babinsa maupun Bhabinkamtibmas di tiga wilayah tersebut.

"Bagi yang butuh, silakan menghubungi Babinsa atau Bhabinkamtibmas," kata Ganip.

Perlu diketahui, Babinsa merupakan Bintara Pembina Desa dari satuan TNI AD yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Sedangkan Bhabinkamtibmas adalah Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Petugas Polri ini mengemban fungsi pre-emtif yang bermitra dengan masyarakat.

Adapun masker yang didistribusikan pada hari ini mencapai 30 ribu masker untuk tiga wilayah.

Dalam hal ini, tiap-tiap wilayah menerima 3.000 lembar masker kain INA, 6.000 lembar masker medis dan 1.000 masker KF49.

Selain masker, BNPB juga menyalurkan bantuan berupa handsanitizer masing-masing 10 jerigen dengan kapasitas 4 liter untuk tiga wilayah tersebut.

Hingga sejauh ini, BNPB telah mendistribusikan lebih dari 50 juta lembar masker dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 kepada seluruh Pemerintah Daerah di Tanah Air.

Adapun sejak PPKM Mikro diberlakukan, BNPB juga telah membagikan kurang lebih 3,5 juta lembar masker dan beberapa kebutuhan logistik serta peralatan lainnya guna mendukung pengendalian COVID-19.(red_inp)

Share:
Komentar

Berita Terkini