Bupati Bireuen Serahkan Penghargaan Gampong Digital Terbaik

Laporan: Redaksi author photo

Liputan23.com|Bireuen -Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani memberikan penghargaan berupa piala dan sertifikat kepada Kelompok Informasi Masyarakat/Kelompok Informasi Gampong (KIG) kategori gampong digital terbaik dalam apel di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Senin (26/7/2021).

Juara pertama diraih oleh Gampong Meunasah Timu, juara kedua digapai oleh Gampong Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, dan juara ketiga didapat oleh Gampong Keude Peulimbang, Kecamatan Peulimbang. Penetapan juara ini adalah berdasarkan hasil penilaan dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh.

KIG merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya yang terletak di perkotaan/gampong. KIG diarahkan dalam upaya penggunaan teknologi informasi untuk mengakses informasi infrastruktur teknologi dan komunikasi.

Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani dalam sambutannya mengatakan, pembinaan KIG ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Bireuen sebagai upaya memberikan penguatan agar bisa melakukan aktivitas sesuai fungsi umumnya dengan kebutuhan masyarakat.

KIG dibentuk untuk menggali potensi yang ada di gampong seperti produk andalan gampong, produk wisata, serta publikasi kegiatan gampong dan serangkaian aktifitas yang tercover pada sebuah media sosial sebagai lahan publikasi kegiatan gampong.

"Dengan keberadaan KIG sebagai lembaga layanan informasi publik lebih inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera," harapnya.

Menurut Muzakkar, KIG bisa menjadi agen informasi pemerintah, baik pemerintah daerah maupun gampong dalam menyebarkan informasi yang benar dan tepat sasaran kepada warga masyarakat.

Peran KIG yang sangat strategis dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat dengan pemerintah sehingga dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka meningkatkan literasi digital informasi dan mengatasi kesenjangan informasi di masyarakat.

Ia menyebutkan saat ini di Kabupaten Bireuen telah terbentuk sebanyak 326 KIG yang tersebar di 17 kecamatan. Semoga ke depannya, KIG bisa semakin lebih mampu mengelola informasi-informasi yang benar dan kredibel, serta masyarakat semakin merasakan keberadaan KIG sebagai media informasi terpercaya bagi masyarakat Kabupaten Bireuen tentunya.

"Selamat kepada KIG yang telah berhasil menjadi juara dengan Predikat Terbaik Kegiatan Penilaian Website Gampong id pada tahun ini, kedepannya semua gampong dapat aktif menjalankan aktifitas Kelompok Informasi Gampongnya melalui Website Gampong id," harapnya.

Hadir dalam Acara tesebut Kadis Kominsa Aceh Marwan Nusuf, Sekdis Kominsa Aceh T. Zulfikar, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Alfajrian, Kabid Layanan E-goverment Hendri Dermawan, Kadis Kominsa Kabupaten Bireun M. Zubair dan seluruh camat Se-Kabupaten Bireuen. (red/inp-mc)

Share:
Komentar

Berita Terkini