-->

Gerobak Pintar Tarik Minat Baca WBP Rutan Batang

Laporan: Redaksi author photo

Liputan23.com|Batang - Sejumlah taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) membuat inovasi Gerobak Pintar di Rutan Batang, Jawa Tengah.

Ashraff salah seorang taruna menjelaskan, ide inovasi gerobak pintar agar menarik minat baca Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Menurutnya, banyak WBP yang masih malas mengunjungi perpustakaan Rutan Batang. Dengan adanya gerobak pintar, pihak perpustakaan akan berkeliling ke setiap blok agar WBP lebih mudah dalam meminjam buku perpustakaan.

“Gerobak pintar agar menarik minat baca WBP dan memenuhi hak WBP dalam mendapatkan bahan bacaan yang bermanfaat," kata Ashraff saat sosialisasi gerobak pintar di hadapan WBP di Aula serbaguna Rutan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (15/7/2021).

BACA JUGA : 

Ia bersama rekan-rekannya telah menemui pihak Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Batang untuk membantu suplai buku bacaan. “Buku akan kita perbaharui setiap sebulan sekali bekerja sama dengan pihak Perpusda," imbuh dia.

Ashroff menambahkan, buku bacaan tersebut telah melalui penyeleksian sehingga tidak ada buku dengan konten negatif.  Ia mengajak WBP untuk membaca sambil berjemur untuk meningkatkan imunitas.

Untuk jadwal peminjaman, Adi Nugroho salah satu taruna menjelaskan gerobak pintar akan berkeliling seminggu tiga kali. “Gerobak pintar akan berkeliling setiap Selasa, Kamis dan Jumat,” jelas dia.

Ia menjelaskan, WBP wajib menjaga buku dengan baik, jika ada kerusakan WBP akan mendapat sanksi berupa wajib mengganti dengan dicabut keanggotaan perpustakaannya.

Sementara itu, Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana menyambut baik inovasi dari para taruna untuk meningkatkan budaya literasi. Rindra pun mengharapkan WBP Manfaatkan fasilitas yang ada dengan banyak membaca buku.

”Manfaatkan fasilitas yang ada dengan banyak membaca buku, membaca akan tambah ilmu, bahkan Wahyu pertama turun adalah perintah membaca,” terang dia.

Sebelumnya terdapat tiga taruna POLTEKIP  yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan 1 (satu) taruna magang di Rutan Batang.(red_inp/mcBt)

Share:
Komentar

Berita Terkini