Pemkab dan DPRK Pidie Bangun Puluhan Rumah Duafa

Laporan: Redaksi author photo

Liputan23.com|Pidie - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie membangun puluhan rumah duafa pada tahun 2021. Rumah dengan tipe 36 itu, ternyata 23 unit masuk dalam jatah pokir DPRK Pidie.

Hampir semua kecamatan terdapat bantuan rumah dari pokir dewan. "Rumah duafa dibangun 2021 berjumlah 27 unit. Rinciannya, 4 unit pembangunan rumah reguler dan 23 unit paket pokir dewan," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Pidie, Tantawi, Rabu (7/7/2021).

Ia menjelaskan, untuk empat unit bantuan rumah reguler masing-masing akan dibangun dua unit di Kecamatan Delima dan dua unit di Kecamatan Simpang Tiga.

Sementara rumah bantuan dalam paket pokir, lima unit dibangun dalam bentuk rehab dengan anggaran sekitar Rp20 juta. Sedangkan rumah tipe 36 paket pokir dibangun baru dengan pagu anggaran sekitar Rp80 juta.

"Nominal angka rumah bangun baru Rp80 juta belum dipotong pajak. Tapi, setelah dipotong pajak sekitar Rp72 juta," sebut dia.

Rumah paket pokir dewan dengan lokasi pembangunan hampir pada semua kecamatan. Rumah tersebut tanpa dicat dan berlantai kasar, mengingat anggaran kecil. "Juli ini rencananya rumah reguler dan paket dewan mulai dikerjakan, saat ini tahap penyiapan proses administrasi," ujar dia.(inp.red)

Share:
Komentar

Berita Terkini