-->

Sambut Idul Adha, Gubernur Aceh Ajak Teladani Semangat Nabi Ibrahim

Laporan: Redaksi author photo

Liputan23.com|Aceh - Menyambut Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriah, Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak segenap masyarakat Bumi Serambi Mekah untuk meneladani semangat pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim A.S.

Semangat pengorbanan Nabi Ibrahim, kata Gubernur, tercermin dari kesanggupan beliau menyembelih anak kandung yang sangat dicintainya, yaitu Nabi Ismail Alaihissalam, demi semata- mata mengharap ridha Allah SWT.

“Semoga Allah SWT menjadikan momentum ini untuk menguatkan semangat pengorbanan kita demi tegaknya syariat agama-Nya. Amin ya Rabbal’alamin,” ujar Gubernur dalam pidato menyambut Idul Adha yang disampaikan Sabtu (17/7/2021).

Menurut Gubernur Nova, pengorbanan adalah sebuah konsekuensi logis dari keyakinan yang diperjuangkan untuk mencapai keridhaan Allah SWT.

“Maka sudah sepatutnya, semangat pengorbanan Nabi Ibrahim tersebut harus menjadi pelajaran berharga terhadap kesanggupan kita untuk mengorbankan diri, keluarga yang disayangi sekali pun, demi kebaikan dan kemaslahatan kita bersama,” ujar Gubernur.

Dalam pidato itu gubernur menyampaikan, yang terpenting dari kisah pengorbanan Nabi Ibrahim adalah pelajaran tersebut mesti dapat dimanifestasikan, terutama di tengah-tengah keadaan Pandemi Covid-19 yang masih melanda Aceh dan dunia saat ini.

Bagi umat Islam, Hari Raya Idul Adha adalah media untuk menjalin silaturrahim antar sesama kaum muslimin, namun karena keadaan yang belum memungkinkan, maka silaturrahim yang biasa kita jalankan mengalami keterbatasan.

"Oleh sebab itu, kita mesti rela berkorban terutama perasaan ketidaknyamanan demi kebaikan kita bersama,” kata Gubernur.

Dalam rangka pengendalian dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19, lanjut Gubernur, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat Aceh agar dalam perayaan Idul Adha tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kami mengajak dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha dan penyembelihan qurban agar tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

"Ajakan ini semata-mata sebagai upaya Pemerintah untuk memberikan rasa aman kepada umat Islam di Aceh dalam pelaksanaan ibadah Idul Adha tahun 1442 Hijriah,” ujar Gubernur.

Di akhir pidatonya Gubernur Nova juga menyampaikan harapan agar berbagai bentuk pengorbanan yang dilakukan masyarakat selama ini mendapat ridha dan hidayah dari Allah SWT.(red/hms-inp)

Share:
Komentar

Berita Terkini