Sekitar 32.000 Warga Jatim Terjaring Operasi PPKM Darurat

Laporan: Redaksi author photo

Liputan23.com|Jawa Timur - Selama penerapan PPKM Darurat di wikayah Jawa Timur, kini tercatat sekitar 32.000 warga yang terjaring operasi karena melakukan pelanggaran.

Untuk denda yang diberikan bagi perorangan di kisaran Rp 25-50.000. Sedangkan hukuman sosial yakni hukuman fisik dan membantu kebersihan.

Informasi itu disampaikan Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta saat menerima kunjungan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Surabaya, Jumat (9/7/2021).

Kapolda menjelaskan, pelanggaran warga saat PPKM Darurat itu tercatat berdasarkan hasil operasi yustisi yang digelar Satpol PP Jatim bersama jajaran Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya hingga tingkat kecamatan di kabupaten/kota.

BACA JUGA :  Sinergitas Forkopimda Jatim Pada Masa PPKM Darurat Tuai Pujian: https://www.liputan23.com/2021/07/sinergitas-forkopimda-jatim-pada-masa.html

"Kami dari Forkopimda Jatim terus bersinergi dalam melakukan operasi yustisi sebagai upaya menurunkan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Sasaran operasi yustisi adalah kegiatan masyarakat, orang dan tempat. Dari tiga hal itu, kata dia, ditemukan beberapa pelanggaran, sehingga tim gabungan melaksanakan  sidang di tempat dan online yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Tinggi dan jajaran bersama pengadilan.

Sedangkan pelanggaran yang ditemukan selama operasi adalah berkerumun, tidak memakai masker, melanggar aturan terkait dengan pembatasan kegiatan pada jam tertentu, seperti jam 5 sore masih berjualan dan membuka toko pada tempat yang tidak ditentukan.

BACA JUGA :  Panglima TNI : PPKM Merupakan Strategi Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19: https://www.liputan23.com/2021/07/panglima-tni-ppkm-merupakan-strategi.html

Ia menegaskan, tujuan dari operasi yustisi yakni meningkatkan kesadaran masyarakat. "Kami mengajak masyarakat agar mematuhi aturan," tambah kapolda.

Selama PPKM Darurat, Pemprov Jatim bersama Kodam V/Brawijaya, Polda Jatim dan Koarmada II juga bersinergi melaksanakan operasi penyekatan.

Total di Jatim ada tujuh titik antar provinsi dan 85 titik antar kabupaten/kota yang disekat untuk mengurangi mobilitas masyarakat.(inp/JR)

Share:
Komentar

Berita Terkini