Simak Pertandingan PON XX Papua, Nikmati Kekayaan Alam dan Budayanya

Laporan: Redaksi author photo

Liputan23.com|Jakarta - Pekan Olahraga Nasional ke-20 (PON XX) tinggal 90 hari lagi. Provinsi Papua kali ini mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah event olahraga berskala nasional yang rencananya akan diselenggarakan pada 2 – 15 Oktober 2021.

Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Bumi Cendrawasih, diyakini akan menambah euforia masyarakat Indonesia menyambut PON XX Papua 2021.

PON XX Papua mempertandingkan 36 cabang olahraga dan 56 disiplin olahraga. Lokasi venue terdapat di empat klaster. Wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Dibalik persiapan Panitia Besar PON XX dalam menyelenggarakan ajang ini, Papua menyimpan kekayaan alam, budaya, kuliner, dan produk kerajinan yang sangat beragam. Seperti Kota Jayapura yang memiliki ikon baru berupa Jembatan Merah, Kabupaten Jayapura dengan Danau Sentani, Kabupaten Mimika dengan Taman Nasional Lorentz, dan Kabupaten Merauke dengan Monumen Kapsul Waktu.

Kekayaan budaya yang dimiliki Papua juga wajib disaksikan, seperti tarian khas Papua dan sejumlah festival budaya yang beraneka ragam. Produk kerajinan dari Masyarakat Papua juga menambah ragamnya keunikan Papua. Berbagai produk kerajinan tersebut tentunya akan meningkatkan taraf ekonomi Masyarakat Papua.

"Pelaksanaan PON ke-20 tinggal 90 hari lagi. Kami selaku Panitia Besar PON akan menyiapkan yang terbaik. Provinsi Papua sebagai tuan rumah menyimpan kekayaan alam dan budaya yang siap menyambut seluruh kontingen maupun Masyarakat Indonesia," kata Roy Letlora, Ketua II PB PON XX Papua.

Selain dapat menyaksikan ajang olahraga terbesar di Indonesia ini, kita juga bisa melihat indahnya serta kayanya Provinsi Papua dengan alam dan budayanya. Provinsi Papua sudah siap menjadi tuan rumah terbaik bagi PON XX Papua 2021.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai PON XX Papua 2021, bisa mengakses website dan media sosial :

Facebook : PON XX 2021 Papua

Twitter : @ponxx2020papua

Instagram : @ponxx2020papua

Tiktok : @ponxxpapua2021

Youtube :  PON XX Papua 2021

Website :

www.ponxx2020papua.com

Share:
Komentar

Berita Terkini