BPJS Kesehatan Dukung Pemberian Vaksin COVID-19 Program Prolanis

Laporan: Redaksi author photo

(Foto: BPJS Kesehatan)
Jakarta - BPJS Kesehatan mendukung dan memastikan proses pemberian vaksinasi COVID-19 kepada kelompok rentan masyarakat lanjut usia dalam hal ini peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang masuk dalam program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) berjalan lancar.

Hal tersebut diungkapkan saat Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan (Dirjampelkes) BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati menghadiri kegiatan launching pemberian vaksinasi COVID-19 kepada kelompok rentan di Islamic Center Brebes, pada Jumat (27/8/2021).

“BPJS Kesehatan berkomitmen untuk menjalankan amanat yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia dalam penanganan COVID-19, serta dalam upaya percepatan pencapaian target vaksinasi,” kata Lily.

Salah satunya adalah dukungan sumber data dalam penyusunan target vaksinasi khususnya bagi penderita penyakit kronis Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT), yang dikelola Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan melalui program Prolanis.

Lily menambahkan kegiatan launching ini merupakan tindak lanjut dari langkah Gubernur Jawa Tengah dalam upaya pencegahan risiko masalah kesehatan serius akibat COVID-19, khususnya bagi masyarakat  rentan atau pasien DM dan HT di wilayah Jawa Tengah.

Dalam kegiatan ini BPJS Kesehatan bersinergi dengan Dinas Kesehatan dan FKTP  dalam menyiapkan target sasaran vaksinasi melalui data peserta Prolanis.

Kegiatan vaksinasi untuk peserta Prolanis ini serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di wilayah Jawa  Tengah. Hal ini merupakan sinergi antara BPJS Kesehatan  dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Peserta JKN-KIS yang tergabung dalam program Prolanis dan Program  Rujuk  Balik  (PRB), juga menjadi salah satu prioritas program vaksinasi COVID-19  mengingat masyarakat dengan  penyakit penyerta/komorbid  merupakan salah satu kelompok  rentan jika terinfeksi COVID-19,” kata Lily.

Pelaksanaan launching vaksinasi bagi kelompok rentan di 29 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki target peserta sebesar 4.268 orang yang merupakan penderita penyakit DM dan HT.

Khusus di  Kabupaten Brebes ini memiliki sasaran 50 peserta Prolanis per FKTP dengan total sasar 250 peserta. Sebelum  proses vaksinasi dilakukan, para  peserta melakukan pemeriksaan GDP oleh laboratorium jejaring yang telah disediakan di tempat acara.(ip)

Share:
Komentar

Berita Terkini