-->

Ganjar Pranowo Apresiasi Penuh Pembinaan di Lapas Semarang

Laporan: Redaksi author photo

Semarang – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah, khususnya jajaran Pemasyarakatan.

Menurutnya, Pemasyarakatan tidak kenal lelah dan terus berusaha memberikan perhatian penuh kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk mengajak mereka kembali menjadi manusia seutuhnya dan dapat diterima masyarakat.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat menghadiri kegiatan Penyerahan Remisi Umum bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia, Selasa (17/8), di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang.

Dalam kesempatan itu, ia turut memuji Lapas Semarang yang giat memberikan pembinaan kepada narapidana agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat sehingga dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab.

Ganjar bercerita tentang seorang eks narapidana terorisme yang telah berhasil kembali ke masyarakat dan menjadi manusia yang lebih berguna berkat pembinaan yang dilakukan oleh jajaran Pemasyarakatan.

“Tadi saya diminta mewakili kepala daerah untuk memberikan sambutan. Saya ceritakan bagaimana Mas Jack Harun yang dulunya narapidana teroris, yang orang kalau lihat, dengar aja takut, ya. Yang suka tukang racik bom gitu, sekarang racik bakso,” ungkapnya.

Politisi PDI-P ini juga berkesempatan menilik langsung hasil karya WBP Lapas Semarang, seperti lukisan, batik, kaligrafi, handicraft, rotan, kuliner, dan lain sebagainya. Lagu "Prau Layar" didendangkan WBP Lapas Semarang yang tergabung dalam Alpasis Band untuk menemani Gubernur Jateng berkeliling meninjau hasil kreativitas WBP.

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto, menerangkan adanya berbagai pembinaan kepribadian yang dilaksanakan jajarannya. “Narapidana selama di Lapas kami bekali dengan berbagai pembinaan kepribadian dan kemandirian. Mereka kami fasilitasi untuk selalu berkarya sesuai dengan minat dan bakatnya,” tuturnya. (djp)

Share:
Komentar

Berita Terkini