Kemenkes : Secara Nasional Jumlah Kasus Positif COVID-19 Turun 5 Persen

Laporan: Redaksi author photo

Jakarta - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan secara nasional terjadi penurunan jumlah kasus positif COVID-19 mingguan sebanyak lima persen dibandingkan pekan sebelumnya.

“Meskipun begitu, perlu dicatat beberapa provinsi yang melaporkan kenaikan kasus lebih dari 50 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Provinsi yang dimaksud adalah Aceh, Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo,” kata Nadia melalui keterangan resminya, Kamis (5/8/2021).

Lanjutnya, jumlah kematian mingguan juga bertambah 28 persen dibandingkan pekan sebelumnya dan merata di 28 provinsi. Bahkan, penambahan jumlah kematian mingguan lebih dari 50 persen terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan.

Kemudian Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Banten, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Menurut Nadia, testing rate nasional saat ini berada di angka 4.01 per 1000 penduduk per pekan, turun sedikit dibandingkan minggu lalu yang mencapai 4.03 per 1000 penduduk per pekan.

World Health Organization (WHO) mensyaratkan testing rate minimal 1 per 1000 penduduk per minggu sebagai indikator surveilans yang komprehensif. Adapun positivity rate nasional saat ini berada di 25,2 persen dengan tren menurun dua pekan terakhir.

“Meskipun terjadi penurunan, angka positif masih tinggi untuk bisa mencapai target kurang dari lima persen. Terkait testing rate, masih ada tiga provinsi yang belum mencapai target testing rate yaitu di Lampung, NTB, dan Maluku,” kata Nadia.(ip)

Share:
Komentar

Berita Terkini