Ketua STIAPEN Nagan Raya Aceh Puji Program Sagasaja Pariaman

Laporan: Redaksi author photo

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman dinilai sukses menjalankan program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) oleh Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pelita Nusantara (STIAPEN) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Edi Wanda di Muaro Kota Pariaman.

Edi Wanda, pada Senin (2/8/2021) datang langsung ke Kota Pariaman, dan mempelajari program unggulan Pemko Pariaman dalam bidang pendidikan.

Ia memuji langkah Wali Kota Pariaman, Genius Umar untuk mengurangi angka kemiskinan sekaligus membangun sumber daya manusia masyarakat Kota Pariaman.

“Program Pemko Pariaman yang dipimpin oleh Genius Umar memang efektif untuk membangun sember daya manusia sekaligus memutus kemiskinan di Kota Pariaman," ujar dia.

Walaupun Kota Pariaman memiliki anggaran yang kecil, lanjut dia, namun punya kemauan yang tinggi untuk menyekolahkan anak-anak Kota Pariaman yang tidak mampu sampai ke Perguruan Tinggi dengan gratis dan diberi uang saku. "Ini sangat luar biasa," tambah dia.

Program Sagasaja di Kota Pariaman merupakan program satu-satunya yang dilaksanakan oleh kota/kabupaten yang ada di Indonesia. Selain Sagasaja, Genius juga berhasil menghidupkan lahan tidur yang ada di desa/kelurahan Kota Pariaman.

“Banyak hal yang menarik di kota yang baru berkembang ini. Mulai dari tata kelola wisata yang masih asri sampai memprioritaskan pendidikan. Saya juga lihat Kota Pariaman sangat jauh berubah. Saat daerah lain masih jalan di tempat untuk meningkatkan perekonomian, masyarakat Kota Pariaman di tengah pandemi mampu menjalankan perekonomiannya,“ tambah dia.

Menurut dia, untuk Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh sendiri, sampai saat ini belum mampu melaksanakan hal demikian. Program yang sama hanya dilaksanakan di tingkat Provinsi Aceh.

“Semoga ke depannya Kota Pariaman semakin maju lagi sehingga masyarakat Kota Pariaman lebih makmur dan sejahtera dalam berbagai hal,“ tutup dia.(sb:inp)

Share:
Komentar

Berita Terkini