Mendagri Mendampingi Wapres Lantik Pamong Praja IPDN

Laporan: Redaksi author photo

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, melantik pamong praja muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXVIII di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (3/8/2021). 

Seperti dilansir laman kemendagri.go.id pada Selasa (3/8/2021), Mendagri menuturkan, lulusan IPDN Angkatan XXVIII yang dilantik ini berasal dari provinsi, kabupaten/kota seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah 1.529 orang. 

Menurut Mendagri, mereka telah diwisuda pada Sabtu (31/7/2021), di kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Setelah dilantik, kata Mendagri, mereka bakal memulai penugasan pengabdian yang ditempatkan di provinsi dan kabupaten/kota seluruh wilayah Indonesia.

“Setelah dilantik oleh Bapak Wakil Presiden pada hari ini, akan memulai penugasan pengabdian kepada bangsa dan pemerintah Republik Indonesia melalui pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Mendagri.

Pelantikan dilaksanakan di dua tempat, yakni pertama di Istana Wakil Presiden yang dihadiri enam orang perwakilan secara langsung, serta kedua berlangsung di kampus IPDN Jatinangor yang diikuti 1.523 orang secara virtual.

Pelaksanaan di dua tempat tersebut menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dengan tidak didampingi langsung oleh orang tua maupun keluarga untuk menghindari kerumunan.

Mendagri mengatakan enam orang perwakilan yang hadir di Istana Wakil Presiden merupakan dari dua unsur yakni lulusan terbaik dan perwakilan agama.

Dari unsur lulusan terbaik itu dari Program Sarjana Ilmu Pemerintahan sekaligus penerima Bintang Kartika Pradnya Utama, dan Program Sarjana Terapan Ilmu Pemerintahan sekaligus penerima Bintang Kartika Astha Brata.

Sedangkan perwakilan dari unsur agama, yakni meliputi agama Islam, Protestan, Katolik, dan Hindu.

Dalam pelantikan di Istana Wakil Presiden tersebut juga hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Wakil Sekretaris Kabinet Fadlansyah Lubis, serta Rektor IPDN Hadi Prabowo.(red_ip)

Share:
Komentar

Berita Terkini