Pangdam Brawijaya Pastikan 1.087 Warga Terpapar Covid Pindah ke Lokasi Isoter

Laporan: Redaksi author photo

Surabaya - Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto memastikan 1.087 warga yang positif terpapar Covid-19 telah dipindahkan ke lokasi isolasi terpusat (isoter). Sebelumnya, ribuan warga di wilayah Jawa Timur itu masih melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

"Sebanyak 1.087 warga yang terpapar Covid-19 bakal segera dipindahkan ke lokasi isolasi terpusat atau isoter. Itu yang termasuk di Malang Raya dan seluruh Jawa Timur,” kata Pangdam melalui rilis diterima, Selasa (17/8/2021).

Sebelumnya, informasi pemindahan warga isoman ke lokasi isoter sudah dipaparkannya pada Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan. Bahkan, ia sudah menegaskan pada seluruh jajarannya di Korem dan Kodim se-Jawa Timur untuk menyegerakan pemindahan pasien isoman ke isoter.

Upaya itu, kata Suharyanto, dilakukan guna mencegah adanya penyebaran pandemi yang ditimbulkan oleh warga yang saat ini telah menjalani isolasi mandiri.

"Maka dari itu, kita alihkan dari isolasi mandiri ke tempat isoter dan kami pastikan dalam jangka kurun waktu satu minggu," tegas Pangdam.

Terpisah, Menko Luhut menjelaskan, meski penerapan isoter dilakukan, ia menginstruksikan seluruh Satgas Covid-19 untuk tak lupa menyosialisasikan protokol kesehatan ke masyarakat.

Bahkan, Luhut menegaskan jika kegiatan yang berhubungan dengan publik harus dilakukan secara disiplin dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, salah satu aplikasi yang dikembangkan Kementerian Kominfo yang telah diberlakukan pada pusat perbelanjaan.

"Hal itu ditujukan untuk memperkecil angka kematian dan penyebaran kasus pandemi," kata Luhut.(red_inp)

Share:
Komentar

Berita Terkini