Pesan Ketua Umum ke Kader : Jangan Hanya Ingin Nikmati Zona Nyaman

Laporan: Redaksi author photo

"Para kader harus memiliki api semangat nan tak kunjung padam"

Jakarta - Di momentum Peringatan HUT ke-76 RI ini, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta kader agar tidak berdiam diri dan terus berada di zona nyaman meski PDI Perjuangan telah menjadi partai pemenang pemilu dua kali berturut-turut.

"Kita harus terus berjuang, membangun. Alhamdulillah kita bisa dua kali menang pemilu. Dari partai yang dulu selalu disebut partai rakyatlah, partai sandal jepitlah, partai gurem, nah coba bayangkan, sekarang bisa seperti begini dan bertahan," kata Ketua Umum PDI Perjuangan.

Pesan ini disampaikan Megawati Soekarnoputri lewat  video yang ditayangkan dalam upacara bendera secara hybrid yang dilaksanakan DPP PDI Perjuagan dalam Upacara Peringatan HUT ke-76 RI. Upacara dipimpin Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, di kompleks Sekolah Partai di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada Selasa (17/8/2021).

Ribuan kader PDI Perjuangan mengikutinya secara virtual, baik lewat aplikasi Zoom maupun tayangan live di Youtube pdiperjuangan.

Ketua Umum menjelaskan bahwa kesinambungan selalu ada dalam nadi PDI Perjuangan. Partai saat ini adalah kesinambungan perjuangan dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di era Orde Baru yang harus merasakan tekanan luar biasa dari rezim.

"Pada waktu itu, saya sebagai pemimpin, sebagai ketua umum, kan harus membangun organisasi di internal. Namun, pada waktu itu pun harus juga menghadapi yang namanya kekuasaan di eksternal," kata Megawati.

Ia mengingat bagaimana saat itu, para kader partai memiliki api semangat nan tak kunjung padam. Dan akhirnya kini PDI Perjuangan sudah seakan memasuki tahapan 'memetik buah' perjuangan keras itu.

Megawati menyadari banyak kader PDI Perjuangan yang belum memahami sejarah tersebut sehingga ia merasa perlu mengingatkan bahwa partai tidak mencapai posisi saat ini tanpa semangat perjuangan dan kemandirian. Sehingga merasa penting untuk terus mengingatkan, bahwa tanpa semangat perjuangan dan kemandirian yang kuat itu, PDI Perjuangan takkan bisa mencapai apa yang ada saat ini.

Presiden kelima RI itu menekankan, tidak ada yang tabu dengan zona nyaman. Namun, ketika sudah hidup dengan nyaman, jangan lupa dan terlena dengan kenikmatannya.

"Saya tidak mengatakan akan menjadi puritan, hidup hanya seadanya, tidak. Tetapi kamu hiduplah yang baik. Artinya baik itu kan bisa memenuhi kewajiban dalam menyekolahkan anak, tidak ada kesulitan, boleh namanya sejahtera, kesehatan terjamin," katanya.

"Nah, ini kan yang sebenarnya harus kita bangun bersama. Tidak bisa sendiri-sendiri, dan tidak bisa elan perjuangan itu hilang," ujar Megawati.(red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini