PS Satria Haidar Sungai Batang Tampilkan “Silek Lanyah” Saat Kunjungan Menparekraf RI

Laporan: Redaksi author photo

Agam - Perguruan silat Satria Haidar Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, tampilkan atraksi “silek lanyah” saat kunjungan Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke nagari itu, Jum’at (27/8/2021).

Pelatih PS Satria Haidar, Elprima, mengatakan atraksi ini melibatkan empat pesilat atau dua pasang, dengan penampilan maksimal 3 menit setiap pasang di persawahan.

“Atraksi kita gelar untuk memperkenalkan silat tradisional kepada Menparekraf, supaya budaya Minangkabau ini semakin dikenal diseluruh nusantara maupun dunia,” ujarnya.

PS Satria Haidar yang berdiri sejak 2011 ini, kini telah memiliki sekitar 200 murid yang berasal dari kalangan generasi muda.

Bahkan, PS Satria Haidar juga telah masuk ke sekolah mulai dari SD hingga SMA, tidak hanya di Tanjung Raya tapi juga di Kecamatan Matur dan Palembayan.

“Maka dengan penampilan atraksi ini, selain promosi silat tradisional juga untuk memotivasi generasi agar ikut belajar silat,” sebutnya.

Perguruan silat ini juga pernah ikuti berbagai perlombaan di Sumatera Barat, karena Elprima yang juga selaku pendiri PS Satria Haidar berkomitmen untuk meningkatkan prestasi bagi muridnya.(ip)

Share:
Komentar

Berita Terkini