-->

Sandiaga Uno Ikut Promosikan Tour de Gayo

Laporan: Redaksi author photo

Takengon - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh pelaksanaan Balap Sepeda (road bike) bertajuk Tour de Gayo 2021 yang rencananya bakal digelar pada bulan Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan Sandiaga dalam Teaser Official Video Tour de Gayo 2021 yang ditayangkan melalui laman instagram @kemenparekraf.ri. milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Jumat (13/8/2021).

Dalam video testimoni berdurasi 102 detik itu, Sandiaga mengajak dan mengundang para bikers pecinta gowes di Indonesia untuk mengikuti keseruan even balap sepeda Tour de Gayo 2021.

Dikatakannya, even ini sangat spesial karena menyajikan sensasi trek balapan yang menantang adrenalin, namun tersaji dalam suguhan hamparan alam yang mempesona.

“Saya Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengundang teman-teman untuk mengikuti keseruan even Tour de Gayo 2021. Kapan lagi kita bisa mengikuti pertandingan sepeda sambil menikmati pemandangan dataran tinggi Gayo yang mempesona,” ajaknya.

Kita akan disuguhi sensasi trek balapan yang menantang adrenalin dan hamparan yang indah serta Danau Lut Tawar yang menakjubkan. Tidak lupa ditemani juga dengan kopi Gayo yang terkenal dengan nikmat rasanya.

Menteri muda yang akrab disapa Bang Sandi itu juga menekankan, dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam even Tour de Gayo 2021 ini haruslah mengusung konsep bersih, sehat, aman/ nyaman dan berwawasan lingkungan. Serta penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Yang tak kalah penting, seluruh pelaksanaan even ini harus tetap melaksanakan protokol kesehatan CHSE. Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental sustainability secara ketat dan disiplin.

“Persiapkan dirimu dan segera daftar untuk ikut dalam keseruan Tour de Gayo pada Bulan Oktober Dua Ribu Dua Puluh Satu Nanti.” tutur mantan   Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar ditempat terpisah, Jum’at (13/08/2021) sore menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung gelaran ajang balap sepeda Tour de Gayo 2021, karena dinilai sangat strategis dalam mempromosikan potensi pariwisata Tanah Gayo terutama di Kabupaten Aceh Tengah.

Dikatakannya, melalui even Tour de Gayo ini, orang bisa mengamati keindahan alam Gayo serta dapat mengenal ragam khasanah budaya dan perilaku masyarakatnya dengan lebih dekat dari setiap rute trek yang dilalui.

Namun dibalik itu semua, Shabela berharap pelaksanaan even ini dapat menjadi upaya semua pihak dalam memulihkan sektor pariwisata yang terdampak pandemi, serta ikut mendongkrak ekonomi warga melalui multiplier effect dari kegiatan ini.

“Dan tentu saja kami meyakini even ini akan mampu membuka peluang usaha dan perputaran ekonomi masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah,” jelas Shabela.

Lebih lanjut Shabela juga mengajak warganya untuk mensukseskan even ini secara antusias diantaranya dengan menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan daerah masing-masing.

Menurut Shabela, keberhasilan even tersebut sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan promosi wisata didaerah ini. “Para pesepeda yang merasa mendapat sambutan atau kesan positif dari masyarakat, tentunya akan menyampaikan kembali kepada orang lain tentang daerah ini. Dan pastinya, itu akan mempengaruhi persepsi mereka untuk berkunjung kembali kesini.” kata Shabela.

Dikutip dari laman web roadbikeaceh.com, Even Tour de Gayo 2021 direncanakan berlangsung selama dua hari, pada tanggal 16-17 Oktober 2021, dengan melombakan tiga kategori lomba, yakni Men under 34, Men 35-44 dan Men 45 up.

Hari pertama, para biker akan dilepas dari Kota Bireuen menuju Kota Takengon yang memiliki jarak 100 km dengan total elevasi 2400 meter.

Sensasinya, ditengah trek ini akan ada kompetisi menanjak sejauh 10 KM. Dan hari kedua akan dilanjutkan dengan rute keliling Danau Lut Tawar sejauh 49 km dengan total elevasi 693 meter.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, sepenuhnya akan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta wajib melampirkan bukti tes swab dan menyertakan sertifikat vaksin. Ini merupakan syarat mutlak bagi seluruh peserta.

Sampai bertemu di Gayo! Persiapkan fisik kalian para biker sambil menjaga diri agar tetap sehat. Ayo ke Gayo. (ip/mc)


Share:
Komentar

Berita Terkini