-->

Tim Wasev Kodam V/Brawijaya Tinjau Program Renovasi Rutilahu 2021

Laporan: Redaksi author photo

Sumenep - Tentara Nasional Indonesia (TNI) – Angkatan Darat (AD) terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pembangunan serta mengatasi kesulitan rakyat.

Beberapa langkah konkritpun dilakukan oleh pihak TNI-AD dalam mengoptimalkan visi dan misinya.

Salah satu aksi riil itu adalah renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di wilayah Kodim 0827/Sumenep Tahun Anggaran (TA) 2021 yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Sumenep yang sudah hampir dituntaskan.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, A.Md, mendampingi Tim Wasef Kodam V/Brawijaya Kolonel Mar Sugiharto, S.H.,M.H (Pa Liaison Kodam V/Brawijaya) dan Letkol Inf Budi Santoso (Pabandya Bakti TNI Sterdam V/Brawijaya) meninjau secara langsung perkembangan program Renovasi Rutilahu di lima wilayah Kabupaten Sumenep.

Di antaranya Koramil 0827/02 Kalianget, Koramil 0827/16 Gapura, Koramil 0827/17 Dungkek, Koramil 0827/04 Bluto dan Koramil 0827/09 Pragaan.

Dalam tinjauanya Wasev Kodam V/Brawijaya Kolonel Mar Sugiharto, S.H., M.H. menegaskan jika hal yang dilakukan TNI ini tidak lain adalah sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Kita tahu bahwa TNI lahir dari rakyat dan rakyat adalah ibu kandung TNI. Untuk itu, Komando kewilayahan harus dapat menyentuh, menyelami, memahami kehidupan rakyat di sekitarnya,” ungkapnya, Selasa (10/8/2021).

Dijelaskan, keberadaan Rutilahu juga mampu meningkatkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Sebab, kemanunggalan tersebut merupakan muara dari terwujudnya semangat gotong royong.

“Mudah-mudahan, semangat gotong-royong itu dapat meningkatkan ketahanan wilayah,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0827/Sumenep, Letkol Inf Nur Cholis, A.Md, menjelaskan, dari 200 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang direnovasi 61 unit rumah mencapai 60% dan 139 unit rumah sudah mencapai 90%.

Karena itu, Dandim 0827/Sumenep, Letkol Inf Nur Cholis, A.Md kepada jajarannya mengimbau untuk dipercepat dalam pengerjaan Rumah Tidak Layak Huni agar bisa terselesaikan dengan baik.

“Kami terus mengimbau kepada jajaran kami di beberapa kecamatan agar program renovasi Rutilahu harus dilakukan dengan gotong royong,  karena melalui gotong royong pengerjaan tersebut akan cepat terselesaikan,” ungkapnya.

Dalam pengawasan/evaluasi Rutilahu TA 2021, Dandim 0827/Sumenep juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat penerima Rutilahu berupa beras 5 kilogram, gula 1 kilogram, minyak goreng 2 liter dan mie instan 10 bungkus.(red_ip)

Share:
Komentar

Berita Terkini