Upacara Unik HUT RI ke-76, Prajurit Yonif 5 Marinir dan Warga Masuk ke Laut

Laporan: Redaksi author photo

Surabaya - Upacara peringatan HUT RI ke-76 digelar dengan cara unik oleh prajurit Yonif 5 Marinir di Surabaya, Selasa (17/8/2021). Para anggota Korps Baret Ungu itu bersama warga masuk di pinggir laut di Pantai Kedung Cowek dekat Jembatan Suramadu.

Hampir sepertiga badan terendam air. Dengan kondisi setengah basah, mereka tampak khidmat mengikuti jalannya upacara.

Upacara dikuti oleh 76 prajurit Yonif 5 Marinir dengan melibatkan 76 perahu nelayan. Diatasnya dinaiki oleh 76 pelajar gabungan SD, SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Kenjeran, Surabaya.

Selain itu juga diikuti oleh 76 orang gabungan Satpol PP, Linmas dan pegawai Kecamatan Kenjeran. Terlibat pula 76 masyarakat pesisir serta 76 tenaga kesehatan di wilayah Kecamatan Kenjeran Surabaya. Selama kegiatan upacara, penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan ketat.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir (Danyonif 5 Marinir), Letkol Marinir Widarta Kusuma. Pasukan pengibar bendera gabungan, sebagai pengerek bendera prajurit Yonif 5 Marinir dan anggota Satpol PP Kecamatan Kenjeran.

Sedangkan yang sebagai pembawa bendera yaitu tenaga kesehatan dari Puskesmas Kedungcowek Kecamatan Kenjeran.

Danyonif 5 Marinir mengatakan, peringatan HUT ke-76 RI di tengah masa pandemi Covid-19 kali ini berbeda dibanding yang pernah dilaksanakan ditahun-tahun sebelumnya.

Momen ini memang spesial, karena dilaksanakan di pesisir pantai dan melibatkan berbagai elemen masyarakat khususnya masyarakat pesisir.

"Semua peserta membawa bendera merah putih termasuk nelayan mengibarkan bendera merah putih di perahu mereka," jelasnya.

Menurutnya, peringatan HUT ke-76 RI kali ini bertujuan untuk membina potensi masyarakat maritim khususnya masyarakat pesisir Kota Surabaya.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas parisipasi seluruh masyarakat Kota Surabaya yang dengan penuh khidmat dan semangat kebangsaan dalam melaksanakan upacara peringatan HUT ke-76 RI," katanya.(red_ip)

Share:
Komentar

Berita Terkini