Warga Binaan Rutan Temanggung Ikuti Vaksinasi Covid-19

Laporan: Redaksi author photo

Temanggung - Warga binaan di Rumah Tahanan Kelas Dua B Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mendapatkan vaksinasi Covid-19, yang berlangsung di Aula Rutan, Rabu (4/8/2021).

Gunawan, salah satu warga binaan Rutan Temanggung terlihat pucat pasi, saat hendak disuntik vaksin Covid -19 oleh petugas kesehatan. Gunawan bahkan meronta menangis histeris dan terpaksa dipegangi rekannya saat jarum suntik menembus kulit lengannya.

Meski demikian, Gunawan mengaku sangat lega bisa menjadi salah satu penerima vaksin, meski masih dalam masa tahanan. “Sejak kecil belum pernah disuntik, takut, namun sekarang lega dan ternyata tidak sakit,” ujarnya.

Apa yang dialami Gunawan juga dirasakan oleh satu warga binaan lainnya. Bahkan, pada saat akan dilakukan swab test maupun penyuntikan vaksin, warga binaan menunjukkan berbagai reaksi yang berbeda-beda. Beberapa warga binaan melangkah dengan ekspresi takut, bahkan ada yang lari kembali ke kamar hunian, karena takut diswab dan disuntik.

Sementara itu, Plt Kepala Rutan Temanggung, Novian Endus Santoso mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Temanggung, dan Kodim 0706 Temanggung, yang telah menggelar vaksinasi Covid-19 untuk warga binaan.

“Warga binaan kami ada 136 orang, semua wajib vaksinasi, tergantung screening, jika lolos tentunya harus vaksin,” terang dia.

Dia mengatakan, warga binaan memiliki hak yang sama atas jaminan kesehatan dari negara. Oleh karena itu, vaksinasi bagi para warga binaan menjadi penting dilakukan.

"Berbeda dengan masyarakat luar yang bisa menjalani isolasi mandiri di rumah dan perawatan di rumah sakit, vaksinasi ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan para warga binaan," tambah dia.

Sementara itu, Dandim 0706 Temanggung, Letkol Czi Kurniawan Hartanto, di tempat yang sama mengatakan, pihaknya akan terus melakukan jemput bola mendekati komunitas-komunitas untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19. ”Seperti sekarang, warga binaan kan tidak mungkin datang ke Kodim, jadi kita yang ke Rutan,” terang dia.

Dandim menambahkan, hingga saat ini pihaknya telah melakukan vaksinasi kepada 9.700 warga Temanggung dan akan terus melakukan vaksinasi sebagai langkah percepatan vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat.(Lp)

Share:
Komentar

Berita Terkini