-->

Bicara Mengenai Kepemimpinan, Prof. Zudan : Setiap Orang Ada Waktunya, Setiap waktu Ada Orangnya

Laporan: Redaksi author photo

Prof.Zudan Arif Fakrulloh - Dirjen Dukcapil (ist) 
Jakarta – Sebagai salah satu tokoh nasional Indonesia abad kontemporer, Prof. Zudan Arif Fakrulloh tentu memiliki pendapatnya tersendiri mengenai model kepemimpinan yang relevan dan ideal bagi bangsa Indonesia.

Prof. Zudan yang merupakan Dirjen Dukcapil Kemendagri, dan juga seorang pakar hukum tata negara, mengatakan bahwa konsep kepemimpinan terbaik adalah apa yang disebutnya sebagai konsep kepemimpinan kontekstual.

“Pemimpinan yang menerapkan konsep kepemimpinan kontekstual menjadikan masalah sebagai guru terbaiknya. Masalah menjadi tangga untuk meningkatkan kapasitas diri,” ujar Zudan di acara Webinar Kepemimpinan Astha Brata Menyongsong Generasi Emas 2045, Komisi III Dewan Professor UNS, pagi ini, Selasa (28/09/2021).

Setiap pemimpin, lanjut Zudan, pastilah terikat dengan dinamki-dinami yang ada di sekitarnya.

Oleh karena itu, adaptasi dan inovasi menjadi dua kata kunci penting. Pemimpin harus dapat bereaksi aktif dan responsif terhadap kebutuhan, tuntutan, dan harapan masyarakat.

Teorinya, harapan itu bagai gelas yang diisi air. Semakin banyak air itu dituangkan, maka semakin besar pula gelasnya. Itu lah mengapa adaptasi dan inovasi merupakan ruh dari peradaban.

“Pemimpin juga tidak lekang oleh ruang dan waktu. Setiap orang ada waktunya, setiap waktu ada orangnya,” lugas Zudan.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini