-->

Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Matangkan Persiapan STQ Nasional

Laporan: Redaksi author photo

Aceh - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh terus matangkan persiapan jelang pemberangkatan kafilah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Nasional tahun 2021.

Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh Iqbal sampaikan bahwa, Kanwil terus jalin kemitraan dan sinergitas bersama lintas sektoral untuk even besar, STQ ke 26 di Kota Sofifi, ibukota Maluku Utara (Malut) Oktober nanti.

"Insya Allah, Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat Nasional akan digelar di Sofifi, Maluku Utara, 14 sampai 23 Oktober 2021," jelas Kakanwil, sebagaimana surat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Prof Dr H Kamaruddin Amin MAg.

Kakanwil sampaikan, bahwa Dirjen Bimas Islam, yang mewakili Menag Yaqut Cholil Qoumas, sampaikan tuan rumah STQN ialah Sofifi, Kepulauan Tidore, Malut. Ini juga disampaikan Kamaruddin saat launching STQ Nasional tiga bulan lalu.

Kakanwil melalui Kabid Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penaiszawa) Azhari juga sampaikan persiapan kontingen Aceh untuk ajang bulang depan.

"Kita terus bantu untuk kesiapan dan persiapan kafilah Nanggroe Aceh, bersama Dinas Syariah Islam (DSI) khususnya Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Biro Isra Setda Aceh (Kantor Gubernur), ikatan/perhimpunan yang membawahi qari/qari-ah," ujar Kabid Penaiszawa,pada Kamis (9/9/2021).

Azhari, didampingi Kasi Seni Budaya Islam, Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits Bidang Penaiszawa Kanwil Zulfikar, sampaikan sesuai arahan Dirjen Bimas Islam, bahwa STQ Tingkat Nasional XXVI mengambil tema “Melalui STQ Nasional, Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-nilai Al-Qur'an untuk Mewujudkan Generasi Milenial Qur’ani yang Unggul Menuju Indonesia Hebat dan Maju". Tema ini memiliki makna bahwa tujuan penyelenggaraan STQ Nasional XXVI Tahun 2021 tidak hanya untuk mencari juara pada setiap cabang dan golongan yang diperlombakan.

"Lebih dari itu, penyelenggaraan STQ Nasional XXVI Tahun 2021 diharapkan mampu membentuk manusia yang mampu mengimplementasikan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kutip Zulfikar.

Zulfikar tambahkan, seperti dijelaskan Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Syamsul Bahri bahwa ada empat lomba dalam STQ Nasional 2021, yaitu: Seni Baca Al-Qur'an, Hafalan Al-Qur'an, Tafsir Al-Qur'an, dan Musabaqah Al-Hadits.

"Masing-masing cabang, ada golongan putera dan puteri," jelasnya.(nzr)

Share:
Komentar

Berita Terkini