Lumajang Diusulkan Jadi Kabupaten Sehat

Laporan: Redaksi author photo

Lumajang - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) menyampaikan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengusulkan, kabupaten sehat sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang untuk melakukan langkah yang terbaik, utamanya dalam kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyaraka (STBM) bisa terlaksana secara nyata.

"Saya ucapkan terima kasih, yang hari ini Kabupaten Lumajang menjadi bagian penting dalam STBM Award dan kami bisa memaparkan apa yang telah kami lakukan dan kerja keraskan untuk menjadi bagian apresiasi bersama pekerjaan kita kepada masyarakat,"kata dia saat memberikan paparan dalam kegiatan Verifikasi STBM Award Tahun 2021, Kategori Percepatan Open Defecation Free (ODF) melalui video conference, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Rabu (15/9/2021).

Cak Thoriq juga menyampaikan, program STBM tersebut tidak hanya sekedar pencapaian penghargaannya saja. Namun, Pemkab Lumajang akan terus berkomitmen dan melakukan langkah-langkah terbaik yang manfaatnya bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

"Kami sadari bahwa kerja keras kami untuk program STBM tidak sekedar soal hari ini ada award dan ada presentasi, tetapi kami berkeinginan hal ini menjadi tugas dan tanggungjawab kami untuk menjamin kesehatan masyarakat yang lebih nyata,"ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penilai Kementerian Kesehatan RI, Cucu Cakrawati Kosim menjelaskan,STBM Award merupakan salah satu upaya percepatan dalam pencapaian ODF Kabupaten/kota serta percepatan keberlanjutan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

"STBM Award Sebagai inspirasi pembelajaran terbaik bagi Kabupaten/kota yang lain yang diharapkan akan mendorong reputasi untuk keberhasilan implementasi STBM di seluruh Indonesia,"imbuhnya.

Tahun ini merupakan tahun verifikasi kabupaten/kota sehat, Cucu menekankan, ODF menjadi prasyarat verifikasi utama untuk pengusulan dan mengikuti Kabupaten/kota sehat, hal itu berdasarkan surat Mendagri tahun 2019 dan 2020.(adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini