Perbaiki Kualitas Udara, Pertamina Luncurkan Program Langit Biru

Laporan: Redaksi author photo



Jakarta -  PT Pertamina wilayah operasi Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) meluncurkan Program Langit Biru (PLB) di 30 kota, sebagai upaya mewujudkan kualitas udara yang lebih baik.

Dalam keterangan tertulis pada Sabtu (11/9/2021), Pejabat Sementara Manajer Komunikasi, Relasi dan Tangung Jawab Sosial PT Pertamina wilayah Sumbagsel Agustina Mandayati mengatakan, sejumlah 30 kota itu meliputi beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi, dan Bangka Belitung, yang rencananya secara serentak dimulai pada 12 September hingga 16 Oktober 2021.

"Setelah sukses menggelar PLB di empat kota, yaitu Kota Palembang, Bandar Lampung, Jambi dan Pangkalpinang, saat ini PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial dan Trading siap melaksanakan di 30 kota dan kabupaten di Sumbagsel," kata  Agustina Mandayati.

Menurut Agustina, PLB merupakan program pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara, terutama yang bersumber dari kendaraan dengan tujuan meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang.

Agustina menuturkan, langit yang biru dengan kualitas udara yang bersih merupakan keinginan setiap warga negara khususnya di daerah perkotaan.

"Kesuksesan PLB sebelumnya karena mendapatkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan terkait, antara lain pemerintah daerah, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, para pengusaha SPBU dan dukungan dari masyarakat pengguna BBM berkualitas dan ramah lingkungan," urainya.

Implementasi dari PLB kali ini yaitu dengan memberikan pengalaman baru bagi konsumen untuk menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90) dengan potongan harga sebesar Rp1.000 per liter bagi konsumen kendaraan roda dua, roda tiga, ambulan plat merah dan taksi serta kendaraan umum plat kuning.

Saat ini, terdapat 97 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Provinsi Lampung, 31 SPBU di Provinsi Sumatera Selatan, 19 SPBU di Bangka Belitung dan 31 SPBU di Provinsi Jambi siap melaksanakan PLB.

Ia mengajak masyarakat mulai beralih menggunakan produk BBM berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series.

"Saat ini, kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM ramah lingkungan sangat tinggi hingga membantu suksesnya PLB yang dilaksanakan sebelumnya," Agustina.

Peraturan Menteri KLHK No.20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4 (minimal RON 91), untuk itu Pertamina berkomitmen mendorong penggunaan BBM dengan Research Octan Number (RON) lebih tinggi.

Selain meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang, penggunaan BBM dengan RON tinggi dapat meningkatkan kinerja mesin kendaraan dan tingkat polusi semakin rendah.

Ia mengatakan, saat ini seluruh wali kota dan bupati di Sumbagsel yang daerahnya belum melaksanakan PLB sudah siap melaksanakan program ini untuk kualitas udara dan lingkungan yang lebih baik, bahkan mereka akan turut membantu menyosialisasikan ke warga.

"Bagi pelanggan setia Pertamina yang melakukan pembelian BBM Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex dan Dexlite dengan menggunakan aplikasi MyPertamina, bisa mendapatkan promo sebesar Rp300 per liter tanpa batas, berlaku 1 hingga 15 September 2021. Aplikasi MyPertamina dapat diunduh di Playstore maupun App Store," tambah Agustina.(ip)

Share:
Komentar

Berita Terkini