-->

Rutan Kelas I Cipinang Latihan Taklukan Si Jago Merah Dengan APAR

Laporan: Redaksi author photo

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang bersama Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jakarta Timur melakukan simulasi penanggulangan kebakaran dan pelatihan dalam penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang Margono dan diikuti oleh Petugas Regu Pengamanan, Staf Kesatuan Pengamanan Rutan dan Staf Dapur Rutan Cipinang, di lapangan terbuka Rutan Cipinang, Kamis, (9/9).

Dalam sambutannya Karutan mengatakan latihan simulasi penanganan kebakaran ini sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Personil Rutan Cipinang dalam menangani terjadinya kebakaran dan langkah-langkah koordinasi yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dilakukan oleh petugas apabila menghadapi kebakaran di dalam area Rutan.

“Pelatihan penanggulangan kebakaran dan penggunaan APAR ini sangat penting untuk dilakukan karena lingkungan tempat kerja kita yang di huni ribuan warga binaan sangat rentan sekali dengan bahaya kebakaran, maka latihan simulasi ini sebaiknya dilaksanakan secara serius dan berkala setiap tahunnya, karena merupakan latihan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan apabila menghadapi kejadian kebakaran,” ucap Ka.Rutan.

Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jakarta Timur juga memberikan materi secara teori dan praktek dalam pemadaman api menggunakan alat tradisional dan konvensional dan memperkenalkan jenis-jenis APAR bagaimana mengetes isi dari APAR, cara menggunakan dan pemadamannya, serta mengenalkan kelas-kelas kebakaran ringan seperti dari tabung kompor gas atau konsleting listrik.

Diakhir penjelasan para peserta juga berkesempatan untuk mempraktekan cara pemadaman api dengan baik dan benar.(cpn)

Share:
Komentar

Berita Terkini