-->

Saleum Sapa Syedara Dekatkan Anak LPKA Banda Aceh dengan Keluarga

Laporan: Redaksi author photo

Aceh - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh fasilitasi layanan kunjungan virtual selama pandemi COVID-19 lewat Saleum Sapa Syedara yang diartikan salam sapa saudara. Melalui video call atau telepon yang diberikan langsung oleh ibu dan bapak asuh pada setiap masing-masing Anak, mereka dapat berkomunikasi dengan keluarga masing-masing.

Ada enam kelompok asuh dengan 12 orang tua asuh di mana satu orang tua mengasuh sekitar 4-5 orang Anak. Selanjutnya, Anak berbaris bersama orang tua asuh sesuai kelompoknya masing-masing.

Layanan kunjungan online ini dilaksanakan dengan memanfaatkan video call pada aplikasi WhatsApp, namun diberikan juga keleluasaan untuk melakukan panggilan telepon biasa apabila keluarga yang dihubungi tidak memiliki aplikasi tersebut.

"Orang tua asuh ini kami bentuk sebagai pengganti orang tua yang berada jauh dari Anak. Jadi, walaupun jauh dari orang tua, Anak tetap bisa merasakan kasih sayang layaknya yang diberikan orang tua mereka sendiri,” sebut Kepala Subseksi (Kasubsi) Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakaran, Fahrian, Sabtu (4/9).

Hal senada disampaikan Kasubsi Administrasi Pengawasan dan Penegakan Disiplin (Wasgakin), Aldri Maitaruna. "Dengan diberikannya kesempatan untuk berkomunikasi dengan keluarga, kembali menegaskan semboyan ‘Jangan Rantai Kaki dan Tangannya, namun Rantailah Hatinya’. Kami merantai hati Anak dengan memberikan hak-hak mereka tanpa terkecuali," tegas Aldri.

Kegiatan ini dilaksanakan di LPKA Banda Acehh pada hari Kamis dan Sabtu setiap pekannya di bawah monitoring langsung Kasubsi Administrasi Wasgakin bersama regu pengawasan yang bertugas. (djp)

Share:
Komentar

Berita Terkini