-->

Setelah di suntik Vaksin Tumbang, Kenapa ?

Laporan: Redaksi author photo

Ilustrasi
Kesehatan - Hal ini lah yang dialami oleh satu siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lhokseumawe bernama Khana Darasa Naswa (15) tumbang usai divaksin Covid-19, yang dilaksanakan di sekolahnya pada Rabu 22 September 2021. 

Khana mengalami mual muntah, pusing, hingga sesak nafas sesaat setelah divaksin yang membuat ia harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.  

Hal seperti ini lumrah terjadi karena gangguan Psikosmatik. Apa itu Psikosomatik ? Seperti yang saya kutip dari website Alodokter gangguan psikosomatik adalah keluhan fisik yang timbul atau dipengaruhi oleh pikiran atau emosi, Munculnya keluhan psikosomatik pada seseorang biasanya diawali masalah kesehatan mental yang dialaminya, seperti takut, stres, depresi, atau cemas.

Lalu gejala apa saja yang ditimbulkan akibat gangguan Psikosmatik tersebut ? Masih di website yang sama menjelaskan bahwa beberapa gejala yang mungkin muncul pada orang yang mengalami gangguan psikosomatik seperti Sakit perut atau nyeri ulu hati, Sakit punggung, Sakit kepala, Mudah lelah, Nyeri otot, Sesak napas atau asma, Nyeri dada, Jantung berdebar kencang, Telapak tangan berkeringat, dan mual muntah.

Orang dengan gangguan psikosomatik, baik orang dewasa maupun anak-anak, umumnya dapat dikenali beberapa tanda seperti Cenderung merasa khawatir berlebih meski keluhannya tergolong ringan, Keluhan psikosomatik umumnya muncul pada saat di bawah tekanan atau saat beban pikiran meningkat, dan Pola munculnya keluhan fisik biasanya dipicu oleh stres dan seringkali terjadi secara berulang.

Kesimpulan saya sendiri seperti yang saya alami dahulu ketika naik mobil pasti akan mengalami mual muntah. Hal ini terjadi karena sebelumnya sudah mengalami kekhawatiran/ stres yang berlebihan sebelum saya naik mobil sehingga hal itu akan terus-terusan terjadi karena otak sebagai pusat kontrol akan membentuk persepsi seperti yang dikhawatirkan selanjutnya secara tidak langsung otak akan memberikan perintah.

Sama seperti halnya yang terjadi pada khana tersebut sebelum dilakukan tindakan vaksinasi siswi tersebut sudah mengalami kekhawatiran berlebihan yang menyebabkan psikisnya terganggu sehingga menimbulkan masalah pada fisik baik mual muntah, pusing dan sesak nafas.

Lalu apakah gangguan Psikosomatik berbahaya ? Sebenarnya Khana bisa ditenangkan saja dan mendapatkan perawatan untuk mengurangi gejalanya sudah cukup, kalau orang lain ikutan panik yang bersangkutan juga akan tambah panik. Sebenarnya Psikosomatik tidak terlalu berbahaya apabila penanganannya cepat dan tepat, yang bahaya adalah pernyataan yang dikeluarkan oleh para pengamat yang mengomentari kejadian itu tanpa ada keilmuannya terkait hal tersebut.


Oleh : Fahmy M Al Asyi

(Perawat/ Anggota PPNI Kota Banda Aceh)

Banda Aceh, 25 September 2021

Share:
Komentar

Berita Terkini