-->

Tim Verifikasi dan Panitera MTQ Aceh ke-35 Dibekali Bimtek

Laporan: REDAKSI author photo

BANDA ACEH - Dinas Syariat Islam Aceh – Dalam rangka meningkatkan pemahaman, wawasan sekaligus profesionalitas terhadap pelaksanaan aplikasi e-MTQ, sebanyak 47 peserta di bekali bimbingan teknis (bimtek) bagi tim verifikasi dan panitera MTQ Aceh XXXV tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh melalui bidang Pengembangan dan Pemahaman Al-Qur-an (PPQ) di aula gedung LPTQ aceh, Kamis (19/8/2021) pagi.

Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Kepala DSI Aceh Dr. Emk Alidar, S. Ag., M. Hum yang diwakili oleh kepala UPTD PPQ Hamdani, S. Ag., MH. Dalam kesempatan tersebut Hamdani mengatakan aplikasi e-MTQ adalah aplikasi berbasis internet yang sesuai dengan tuntutan zaman dan diharapkan dengan penggunaan aplikasi ini menghadirkan sistem perMTQan yang transparan, kredibel serta efisien.

“Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan MTQ dan meminimalkan permasalahan yang terjadi maka aplikasi e-MTQ ini adalah sistem sangat tepat untuk digunakan saat ini, karena melalui sistem ini dapat menghindari kecurangan-kecurangan didalam pendaftaran sehingga pelaksanaan MTQ menjadi transparan, kredibel dan efisien”, harapnya.

Ia juga menuturkan tujuan dari pelaksanaan e-MTQ ini untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan MTQ yang lebih akurat, valid dan juga untuk mempercepat dalam proses pendaftaran, namun pada saat mendekati hari perlombaan diwajibkan pula kepada peserta untuk membawa bukti berupa berkas pendaftaran guna dicocokkan dokumen dengan fisik peserta secara faktual.

Sebelumnya, dalam laporan panitia Kasi Bimbingan dan Pelatihan T. Mardhatillah, SHI., MH menyampaikan jumlah peserta bimtek sebanyak 47 orang yang terdiri dari tim verifikasi faktual, tim verifikasi online serta panitera yang berasal dari berbagai lintas sektoral antara lain dari DSI Aceh, Kemenag Aceh, Biro Isra dan Disdukcapil.

Hadir sebagai pemateri dalam bimtek tersebut antara lain H. Zulfikar, S. Ag., MA dan Sanaul Khair dari Kemenag Aceh. (Adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini