Petugas Lapas Kelas I Semarang Gagalkan Lemparan Sabu dari Luar Tembok

Laporan: Redaksi author photo

Semarang -  Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu ke dalam Lapas dengan cara dilempar dari tembok terluar belakang Lapas, pada hari Selasa (5/10).

Kejadian berawal ketika Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Suparno, dan Komandan Jaga, Eko Wasito, hendak bertugas kontrol keliling secara berkala di area branggang belakang Lapas yang merupakan sekat antara tembok terluar. Kecurigaan bermula ketika petugas menemukan bungkusan plastik hitam yang dilapisi lakban di semak-semak.

Selanjutnya, Suparno menghubungi Kepala Lapas (Kalapas), Supriyanto, untuk berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Ngaliyan dan Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang. Diduga barang tersebut adalah narkotika yang akan diselundupkan dengan modus dilempar dari luar tembok, namun upaya tersebut gagal dan tidak sampai ke blok hunian.

“Setelah dibuka, bungkusan itu berisi sabu seberat 100 gram. Barang tersebut dilempar dari luar tembok belakang Lapas diduga pada malam hari. Sabu tersebut sudah kami serahkan kepada Polrestabes Semarang dan Polsek Ngaliyan untuk pengembangan kasusnya," jelas Supriyanto,

Upaya penyelundupan melalui lemparan tembok akhir-akhir ini kian marak karena upaya penyelundupan melalui pengiriman barang dan makanan lewat pintu Lapas sangat ketat sehingga cara-cara lain terus dilakukan oleh pelaku untuk dapat memasukkan sabu ke lapas. "Barang tersebut tidak akan sampai blok hunian karena jarak yang terlalu jauh dan akan segera diamankan oleh petugas Lapas apabila ditemukan," terang Kalapas.

Pihak Lapas juga telah memasang tembok pagar tambahan yang sudah dimulai dari samping utara Lapas yang bersampingan langsung dengan jalan raya dan ke depannys akan ditambah lagi tembok pagar tambahan di belakang Lapas yang berbatasan dengan lahan kosong milik warga sekitar.

“Ke depannya kami akan lebih instensif melaksanakan razia rutin dan menambah personel jaga di pos atas tembok belakang Lapas untuk menghindari hal serupa terjadi,” janji Supriyanto.

Sementara itu, Kepala Subunit I Unit 3 Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Semarang, Handri Kristanto, menerangkan pihaknya akan menurunkan personel untuk dapat membantu pengawasan di Lapas.

"Kami akan kerahkan personel agar bisa membantu petugas Lapas untuk patroli mengelilingi area pagar tembok Lapas, khususnya di malam hari,” pungkasnya. (djp)

Share:
Komentar

Berita Terkini